Kanal

HIV AIDS Berkembang Pesat Di Pekanbaru, Mayoritas Penderita Laki Laki

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Helda S Munir mengatakan kasus HIV AIDS di Pekanbaru mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.


Helda merincikan, berdasarkan data tahun 2015, di Pekanbaru terdapat 214 kasus HIV dan 111 AIDS. Lalu tahun 2016 terdapat 261 kasus HIV dan 187 AIDS. Sedangkan tahun 2017 Diskes baru menghimpun data bulan Januari 2017 saja, yakni terdapat 16 kasus HIV dan 8 AIDS.


"Kasus HIV didominasi oleh laki-laki dengan 64 persen, sementara perempuan 36 persen. Jumlah HIV AIDS di Pekanbaru memang meningkat dari ke tahun," ungkap Helda.


Sementara itu, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pekanbaru menyebut masih kesulitan untuk mendata jumlah penderita kasus HIV AIDS per kecamatan di Pekanbaru. Sebab, kebanyakan dari penderita sering berpindah-pindah.


“Untuk data per kecamatan kami belum ada. Kami hanya memiliki jumlah penderita kasus HIV/AIDS secara global se Pekanbaru. Sulitnya mengindikasi penderita karena kebanyakan dari mereka itu nomaden,” kata Sekretaris KPA Pekanbaru, Hasan Supriyanto. (r24c)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER