Kanal

Laut Dumai Tercemar Minyak Sawit Mentah PT Nagamas Tumpah Saat Bongkar

INHILKLIK.COM, DUMAI - Minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) milik PT Naga Mas yang beroperasi di dermaga B Pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai kembali tumpah dan diduga cemari laut Dumai pada Sabtu (25/3/2017) akhir pekan kemarin.

Informasi yang berhasil dirangkum di lapangan, CPO tumpah ke laut saat loading atau bongkar muat dari tanki penimbunan ke kapal berbendera India. Akibatnya ratusan kilo CPO berserakan di permukaan laut dermaga B Pelindo I Cabang Dumai.

“CPO milik PT Naga Mas tumpah ke laut saat proses loading dari tanki penimbunan ke kapal tanker berbendera India yaitu MT. ARK Progress, tepatnya pukul 11.50 WIB. Saat proses loading terjadi kebocoran dari tanki kapal hingga akhirnya CPO berserakan kelaut,” kata narasumber yang enggan disebutkan namanya.

Lanjutnya, petugas dari PT Naga Mas dan Kapal langsung bekerja keras membersihkan CPO yang tumpah di laut menggunakan kapal pompong dan alat seadanya seperti timba dan ember.

Di lokasi kejadian tidak terlihat oil boom yang biasanya digunakan untuk melokalisir atau mengurung tumpahan minyak di air. Seharusnya perusahaan PT Naga Mas memasang oil boom sebagai tindakan pertama guna mencegah melebarnya tumpahan minyak.

Humas PT Naga Mas Kota Dumai, Ardi belum dapat dikonfirmasi terkait insiden tersebut. (hrc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER