Kanal

Lewat Sekolah Kepemimpinan, PKB Minta Peserta Teladani Gus Dur

INHILKLIK.COM, JAKARTA - PKB mengadakan Sekolah Kepemimpinan Gus Dur yang diikuti oleh 150 peserta. Lewat sekolah kepemimpinan itu, para peserta diminta untuk meneladani Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pelatihan yang bertajuk ‘Sekolah Kepemimpinan Gus Dur’ ini diadakan di Graha Gus Dur, Kantor DPP PKB Jl Raden Saleh I No. 9 Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (26/03/2017). Peserta adalah anggota DPRD dari DKI Jakarta, Banten,dan Jawa Barat.

Dalam pembukaannya, Ketum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan harapan agar peserta bisa mengambil teladan dari sosok Gus Dur.

“Saya tahu kita semua mencintai Gus Dur. Tapi kita belum bisa mempraktikkan yang mampu merubah dari zaman otoriter menjadi birokrasi seperti Gus Dur dulu,” ujarnya.

Ia juga memaparkan nilai-nilai yang menjadi pedoman Gus Dur sebagai pemimpin. “Prinsip dasar kepemimmpinan Gus Dur ketauhidan. Gusdur pijakannya pasti agama. Agama menjadi spirit, bukan formalisasi. Termasuk agama tidak dipisahkan dari politik. Selanjutnya ada kemanusiaan, keadilan, persatuan dan kebersamaan, serta persatuan dan persamaan,” terangnya.

Acara ini dihadiri oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Komisioner Ombudsman Ahmad Suaedy, cendekiawan Dr Ignas Kleden, Redaktur Pelaksana Kompas Muhammad Bakir, anggota Komnas HAM Siane Indriani dan KH Ahmad Ishomuddin. Muhaimin sempat berkelakar dalam pembukaannya.

“Pak Luhut ini muridnya Gus Dur, dan pernah jadi menterinya Gus Dur. Sayangnya kehebatan politik Pak Luhut baru muncul akhir-akhir ini. Bayangkan kalau kehebatan politik Pak Luhut muncul saat Gus Dur jadi presiden, mungkin (Gus Dur) gak jatuh saat itu,” ucap Cak Imin yang disambut gelak tawa oleh peserta. (lmc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER