Kanal

Pemadaman Listrik Menjadi Ancaman Besar Kelancaran UNBK

INHILKLIK.COM, PALEMBANG - Memasuki hari kedua ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di Sumatera Selatan, pemadaman listrik masih menjadi ancaman. Mengingat sejumlah daerah di Sumsel sering terjadi pemadaman listrik.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo mengatakan, sejauh ini prosesi UNBK berjalan lancar. Kendala teknis pemadaman listrik dan jaringan internet masih menjadi ancaman.

"Tapi sejauh ini masih berjalan lancar dan mengantisipasi kalau terjadi masalah," katanya, Selasa (11/4/2017).

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan tim IT guna menyikapi kendala teknis yang terjadi agar tidak ada lagi peserta yang harus mengulang UNBK karena tak bisa login seperti 1.300 peserta UNBK SMK. "Kepala sekokah harus memperhatikan ini," katanya.

Diketahui UNBK SMA kali ini, Sumsel harus mengakui bahwa sarana dan prasarana untuk UNBK belum mumpuni terutama ketersediaan komputer sebagai objek vital. Akibatnya, kemarin 30.000 siswa harus mengikuti UN secara manual.

"Sekitar 45 persen yang belum bisa UNBK, artinya harus pakai manual. Jumlahnya sekitar 30.000-an," ujar nya.

Sumsel mencatat 72.235 siswa mulai mengikuti Ujian Nasional (UN). Dari ribuan siswa tersebut mencakup 770 sekolah dengan rincian 61.070 siswa di antaranya dari SMA negeri dan swasta dan 11.165 orang siswa sisanya dari MA negeri dan swasta di Sumsel. (tpc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER