Kanal

Warga Danau Pulai Indah Inhil Swadaya Bangun RLH

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Warga Desa Danau Pulai Indah Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) secara swadaya membangun Rumah Layak Huni (RLH) untuk Siti Samsidar (59), Selasa (23/5).

Diketahui, ibu berstatus janda itu hidup sebatang kara. Dalam kesehariannya, ia bekerja sebagai buruh serabutan.

Kepala Desa Danau Pulai Indah, Juwiyono saat turun langsung di lokasi mengatakan, pembangunan rumah tersebut menggunakan dana gotong-royong atau bantuan swadaya masyarakat setempat.

"Iyuran masyarakat ini terkumpul sebesar Rp 15 juta dengan ukuran 4x8 meter," kata Juwiyono.

Sebelumnya, desa setempat telah membangun perehapan 1 unit rumah warga dengan ukuran yang sama. Kades ini menargetkan, hingga tahun 2018 mendatang bakal mencapai 6 unit dibangun sesuai dengan warga yang membutuhkan.

Aparat pemerintah desa ini menggunakan 14 indikator kemiskinan versi Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memilih rumah yang layak dapat bantuan, ditambah satu indikator kemiskinan versi pemerintah desa yang langsung mengecek di lapangan.

"Bantuan terlebih dahulu diberikan pada warga miskin yang memiliki balita, ibu hamil, bayi atau warga lanjut usia (lansia) dengan harapan Agar masyarakat senantiasa terjaga kekompakannya dan mampu mewujudkan Rumah bagi warga yang betul-betul membutuhkan dan tidak mampu," paparnya.

Sementara itu, Babinsa Danau Pulau Indah Serka Sukijan mengatakan, bedah rumah menggunakan dana Swadaya Masyarakat merupakan terobosan. Hal ini dikarenakan adanya inovasi desa dan ketanggapan untuk mendorong desa agar lakukan sesuatu yang bernilai tinggi.

"Pernyataan soal inovasi pemerintahan desa tersebut sejalan dengan kondisi yang terjadi di desa Danau Pulau Indah. Selama ini, mayoritas bedah rumah di wilayah ini didanai oleh Swadaya masyarakat serta donatur," ujarnya. (MRC)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER