Kanal

Warga Diingatkan Waspada Saat Membeli Takjil

INHILKLIK.COM, BENGKALIS - Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Kabupaten Bengkalis mengimbau warga cermat dan waspada dalam membeli jajanan olahan dan takjil jelang berbuka puasa di pusat keramaian seperti Bazar atau dagangan pinggir jalan.

Hal itu disampaikan Ketua LPKSM Kabupaten Bengkalis Fadli Syarifuddin, Senin (5/6) kemarin. Menurut Fadli, pembeli juga harus teliti dan senantiasa waspada terhadap banyaknya penjual makanan takjil dadakan selama bulan Ramadhan.

Ia juga meminta kepada warga dalam membeli supaya selalu melihat pewarnanya memenuhi syarat kesehatan atau tidak. Kemudian pembeli harus bertindak cerdas, teliti sebelum membeli.

“Harus cermat dalam membeli, itu salah satu keutamaan dari konsumen. Sehingga bisa terhindari dari makanan dan minuman atau takjil yang mengandung zat atau bahan berbahaya,”kata Fadli.

Dikatakannya lagi, para pedagang yang bermunculan saat Ramadhan secara merata merupakan pegiat ekonomi dadakan, bisa dikatakan banyak yang kurang berpengalaman dan memenuhi kewajiban menjual dagangan yang sehat dan aman. Sebab, mereka tidak menjual secara rutin dan tidak tahu bahan yang tak boleh digunakan untuk makanan.

“Ada bebarapa jenis bahan yang dilarang dicampur dalam makanan, pertama itu adalah bahan pewarna yang seharusnya untuk pakaian, kemudian bahan pengawet seperti borak dan formalin, diharapkan hal ini juga dibarengi dengan pengawasan dari pemerintah,”tandasnya.(MXH)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER