Kanal

BBPOM Riau Temukan 3 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Berbahaya di Inhil

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN  – Tiga jenis makanan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terbukti mengandung zat berbahaya Rhodamin B, dalam sidak yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Riau bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Kesehatan Inhil (Dinkes) Inhil ke sejumlah pasar yang ada di Tembilahan, Rabu (7/6/2017).

BBPOM Riau mengambil 52 sampel, yang terdiri dari 33 sampel makanan dan 19 takjil berbuka puasa di sejumlah pasar tradisional yang ada di Tembilahan. Sementara itu, dari 19 takjil yang diperiksa, tidak ada yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) alias aman untuk di konsumsi.

“Rhodamin B sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Kami berharap masyarakat di Kabupaten Inhil khususnya Tembilahan bisa mewaspadai ciri-ciri makanan yang mengandung Rhodamin B,” himbau Kepala BBPOM Riau Muhammad Kashuri.

Meskipun terdapat zat berbahaya pada makanan diatas, namun secara umum, menurut Kepala Dinkes Inhil, Zainal Arifin, masyarakat sudah menggunakan bahan yang tidak berbahaya dan aman untuk dikonsumsi.

Sejumlah pasar yang disidak tim antara lain pasar Rakyat, Pasar Pagi Tembilahan dan sejumlah Pasar Wadai yang berada di Jalan Pangeran Hidayat, Jalan M Boya dan Jalan Kapten Muhktar Tembilahan. (trb)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER