Kanal

RSUD Raja Musa Inhil Sudah Mampu Lakukan Operasi Melahirkan

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - RSUD Raja Musa Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) telah tersedia tenaga medis beserta sarana prasarana untuk keperluan Operasi Cexio atau Melahirkan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Raja Musa, dr H Afrizal Darmawan, Kamis (23/2/2017) malam. Bahkan, pihaknya telah melakukan operasi perdana dan berlangsung sukses.

"Operasi perdana terhadap 2 pasien dilakukan tadi, berhasil. Hal ini ditunjang dengan peralatan yang tersedia sudah memadai untuk praktik," kata Direktur.

Sebelumnya, rumah sakit tersebut baru memiliki 2 dokter specialis yakni Dokter Specialis Anak dan Dokter specialis Penyakit Dalam. Namun kini, pihaknya secara resmi telah menambah lagi Specialis lainnya yakni Dokter Specialis Kandungan.

Otomatis, pihaknya sudah dapat menerima rujukan pasien sesuai Specialis dari Kecamatan terdekat seperti Kecamatan Pulau Burung, Kecamatan Teluk Blengkong dan Kecamatan Pelangiran.

Dimana selama ini, kasus-kasus berkenaan dengan kebidanan, kebanyakan dirujuk ke Tembilahan ataupun ke Batam sehingga membutuhkan biaya lebih besar, terlebih lagi membuang waktu.

"Sekarang sudah tidak perlu lagi jauh-jauh, khusus bagi masyarakat yang berkependudukan di Inhil bagian utara," imbuhnya.

Menurutnya, ketersediaan pelayanan itu sebagai langkah membantu pemerintah dalam menekan angka kematian ibu dan bayi. Ditambah lagi bahwa alat itu merupakan bantuan dari Bankeuprov Riau pada tahun 2016 lalu.

Kemudian, kontrak para tenaga dokter spesialis itu juga merupakan bantuan melalui dana APBD Kabupaten Inhil.

"Harapan kami kedepannya, semoga RSUD Raja Musa ini bisa menjadi pusat rujukan di wilayah Inhil bagian utara dan masyarakat bisa memamfaatkannya semua pelayanan yang ada," tutupnya.(rtc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER