Kanal

Mahasiswa Tuntut Menteri Rini Dicopot Karena Diduga Terlibat Korupsi

INHILKLIK.COM, JAKARTA – Sekelompok mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Pemuda Jabodetabek (HMPJB), Senin 31 Juli 2017 sekitar pukul 10.50 hingga 12.30 WIB, melakukan unjuk rasa di depan Kementerian BUMN RI. Mereka menuntut Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno, untuk mundur dari jabatannya.

Tuntutan itu disampaikan massa yang berjumlah puluhan orang tersebut karena Rini Soemarno diduga terlibat korupsi perpanjangan kerjasama pengoperasian terminal peti kemas JITC antara PT Pelindo II dg Hutchison Port Holdings (HPH).

Dalam orasi mereka, massa yang dipimpin oleh Agus Sutrisno itu mengatakan bahwa BUMN adalah kementrian yang strategis karena mengelola aset negara. Aset itu harus dijaga betul-betul karena peruntukkannya demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Oleh karena itu Kementerian BUMN membutuhkan menteri yang cakap dan sosok yang bersih.

Jika menterinya tidak bersih, maka aset BUMN akan digunakan untuk kepentingan individu atau kelompok tertentu. Dan jika itu terjadi maka akan sangat merugikan rakyat Indonesia.

“Persoalannya, saat ini Menteri BUMN Rini Sumarno diindikasikan tidak bersih alias terlibat kasus korupsi,” ungkap massa.

Diantara kasus korupsi Rini Sumarno adalah dalam proyek kereta api cepat yang melibatkan Gubernur Provinsi Hainan, Cina. Dalam proyek ini Rini santer diberitakan terlibat.

Lalu yang terbaru, kasus dugaan korupsi di Pelindo. Hasil audit BPK menyatakan ada kerugian negara sebesar Rp 4,08 triliun dalam proses perpanjangan kontrak pengoperasian terminal peti JITC antara PT Pelindo dengan Hutchison Port Holding.

“Kasus ini merupakan kasus besar. Tapi entah mengapa Presiden Jokowi seperti melindungi Menteri BUMN. Padahal pemberantasan korupsi dan pemerintahan yang bersih merupakan salah satu program Nawacita Presiden Jokowi,” tutur para mahasiswa dan pemuda.

“Maka itu kami meminta copot Menteri Rini Sumarno sekarang juga. Ini adalah momentum yang tepat untuk mengganti menterinya yang tidak bersih,” tukas mereka lagi.

Sekitar pukul 12.30 WIB aksi unjuk rasa selesai. Situasi pun perlahan kondusif.  (krn)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER