Kanal

NasDem sebut PKB Hampir Final Usung Ridwan Kamil

INHILKLIK.COM, JAKARTA -  Partai NasDem menyebut komunikasi politik yang dibangun dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam rangka membangun koalisi kian menguat. Komunikasi yang intens dengan pengurus PKB itu membuat kepastian koalisi untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018 mendekati kata sepakat.

Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa yakin, dalam hitungan dua pekan ke depan dipastikan sudah ada hasil positif. Jika PKB bergabung, sudah 12 kursi dikantongi dari 20 kursi yang diharuskan sebagai syarat mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur Jabar

"PKB satu dua minggu ke depan mudah-mudahan sudah selesai (berkoalisi)," ungkap Saan di Bandung, Jumat (25/8).

Melengkapi kekurangan, NasDem juga terus melakukan komunikasi politik dengan PPP. Komunikasi dibangun di dua kubu baik kubu Dzan Faridz maupun kubu Romahurmuziy.

"PPP pun secara prinsip tidak ada masalah, baik dengan (kubu) Romy maupun Dzan Faridz. Dengan kubu Dzan Faridz hampir selesai juga, termasuk Pak Romy," katanya.

Dengan bergabungnya PKB dan PPP, Saan yakin jagoannya akan melenggang mulus ke Pilgub Jabar. Sebab jika tiga partai ini bergabung, pengusungan Ridwan Kamil pun otomatis sudah lebih dari cukup.

"Tidak ada persoalan soal partai pengusung. Soal kursi juga, PKB dan PPP juga sudah selesai, ini soal skema dan timing aja," tegasnya.

Terkait manuver sejumlah partai dalam wacana koalisi tanpa melibatkan NasDem, Saan memandangnya hanya bagian dari dinamika politik. Bahkan, Saan pun tak menganggapnya sebagai ancaman. ‎Diketahui ditengah Rakernas PAN di Bandung, lima partai PAN, PKB, PPP, Hanura dan Demokrat rapatkan barisan untuk membentuk kesepahaman terkait Pilgub Jabar.

Namun pertemuan itu cenderung mengambang karena tidak menghasilkan keputusan strategis dan tidak menelurkan nama-nama yang bakal diusung di Pilgub Jabar. ‎ "Justru partai yang tidak menentukan sikap, itu akan terombang-ambing, kalau NasDem dan Emil inikan selangkah lebih maju," ungkapnya.

Saan pun membantah anggapan Ridwan Kamil yang berada di posisi terpojok menyusul manuver-manuver yang dilakukan partai tanpa melibatkan NasDem tersebut. Dia menegaskan, saat ini, hanya Ridwan Kamil yang sudah memiliki kepastian sebagai kandidat calon gubernur Jabar.

"Yang lebih punya kepastian, ya Kang Emil. Pertama elektabilitas, kedua dukungan partai. Lalu, kepastian buat masyarakat jabar. Itu Kang Emil jauh di depan," ucapnya. (mdk)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER