Kanal

Guardiola: Liga Primer Inggris Bukan yang Tersulit

INHILKLIK.COM, MANCHESTER - Pernyataan kontroversial dilepaskan oleh pelatih Manchester City Josep Guardiola. Pelatih yang gagal memberikan trofi pada musim perdananya di City ini menyebut Liga Primer Inggris masih jauh untuk disebut liga tersulit di dunia.

Guardiola membandingkan kesulitan bermain di Inggris dengan di Spanyol. Menurutnya, klub-klub Spanyol yang rutin bermain di Liga Champions jauh lebih sulit dikalahkan dibanding tim-tim Liga Primer Inggris.

"Saya yakin anda senang jika saya mengatakan ini adalah liga tersulit. Selamat. Tapi menurut saya bukan demikian, Liga Primer Inggris adalah liga yang paling banyak ditonton," kata Guardiola dikutip dari Mirror, Selasa (29/8).

Pelatih asal Spanyol ini mengatakan, tentu saja Liga Primer Inggris tak bisa disebut kompetisi muda. Namun menurutnya, kemajuan klub-klub asal negeri Matador yang rutin menembus final Liga Champions membuat status La Liga tak bisa diremehkan.

"Dalam sedekade terakhir, klub-klub Spanyol jadi juara di Liga Champions dan Liga Europa. Jadi saya tak bisa lantas mengatakan 'melakukan laga tandang ke Santiago Bernabeu (Real Madrid), Camp Nou (Barcelona) dan menghadapi tim-tim seperti Athletic Bilbao, Sevilla adalah pekerjaan mudah'," kata Guardiola.

Guardiola bahkan menyebut Liga Primer Inggris masih perlu melalui banyak tahap untuk bisa dianggap sebagai liga terbaik di dunia. Satu yang paling utama, menurutnya harus ada tim-tim Inggris yang bisa sering meraih kejayaan di Liga Champions dan Liga Europa.

"Di sini kita harus melakukan banyak hal. Saya yakin akan tiba waktunya," kata dia.

Guardiola pernah melatih di Spanyol dan Bundesliga Jerman. Di dua kompetisi tersebut, ia mengantarkan klub yang dilatihnya meraih trofi sejak musim pertama. Namun, ketika datang ke Inggris ia tak mampu mengulangi hal serupa. Prestasi terbaiknya cuma mengantarkan City finis peringkat ketiga musim lalu. (roc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER