Kanal

Harga Kelapa di Kecamatan GAS Masih Buruk

INHILKLIK.COM, TELUK PINANG - Harga jual buah kelapa dalam di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau masih dinilai buruk oleh sejumlah petani didaerah tersebut, pasalnya harga salah satu komoditi penghasilan terbesar masyarakat ini masih berkisar dengan harga Rp 1200 hingga Rp 1400 perkilogramnya bahkan lebih rendah dari itu.

Kesemrawutan harga jual jenis buah yang bisa diolah menjadi minyak goreng tersebut membuat para petani nya merasa resah dan tidak bisa berbuat banyak.

"Kalau dibandingkan dengan harga barang makanan sekarang ini sangat tidak sebanding dengan penghasilan kami sebagai petani," tutur Iyan salah seorang petani didaerah tersebut, Senin (3/8/2015).

Iyan menambahkan bahwa tidak hanya dirinya saja yang mengeluhkan akan rendahnya nilai jual kelapa dalam tersebut, akan tetapi sebagian petani lainnya juga merasakan hal yang sama.

"Apalagi beberapa minggu yang lalu, harganya (kelapa, red) cuma 1100 sampai 1200 saja sekilo," imbuhnya.

Sementara itu ditempat berbeda, Arim salah seorang petani di Kecamatan Mandah dengan Kabupaten yang sama juga mengeluhkan rendahnya harga jual buah kelapa tersebut dan menurut ceritanya, harga kelapa didaerahnya tersebut bahkan sempat pecah dari harga Rp 1000 perkilogramnya.

"Kemarin ada yang sampai 900 perkilo,"ungkapnya.

Pada saat yang sama ia juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah daerah untuk dapat benar-benar memperjuangkan harga komoditi yang menjadi sumber mata pencaharian sebagian besar masyarakat di Kabupaten Inhil ini. (pic)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER