Kanal

Camat Batang Tuaka: Sosialisasi Karhutla Sudah Maksimal

Camat Batang Tuaka, Umar H, S.Pt
INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Menanggapi laporan BPBD Riau yang menemukan masih ada warga yang membakar lahan di Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir yang dikarekan masih ada masyarakat yang belum mengetahui prihal larangan membakar lahan, Camat Batang Tuaka Umar H, S.Pt pun angkat biacara.

Ketika dikonfirmasi INHILKLIK.COM, Umar mengungkapkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi secara maksimal soal larangan membakar lahan dengan melibatkan semua unsur terkait. "Kita sudah libatkan semua pihak," ungkap Umar, Selasa (04/08/2015).

Menyangkut masih adanya warga yang menggarap lahan dengan cara membakar dan belum tahu tentang larangan membakar lahan tersebut menurut Umar adalah wajar dan harap dimaklumi.

Faktor masih adanya masyarakat yang belum mengetahui jika membakar lahan melanggar undang-undang, salah satunya menurut Umar masyarakat yang bersangkutan tidak hadir saat pemerintah melakukan sosialisasi. 

"Masih ada masyarakat yang belum tahu itu wajar, barangkali saaat kita sosialisasi mereka tidak hadir, yang jelas para penyuluh terus bergerak, kawan-kawan Desa juga sudah bergerak," lanjut Umar.

Menurut Umar yang masih menjadi pesoalan adalah untuk mengubah mindset (pola pikir) masyarakat yang sudah terbiasa menggarap lahan dengan cara membakar. Ia berharap pemerintah tingkat atas lebih serius memberikan perhatian terkait persolan karhutala ini, 

"Kita kecamatan Batang Tuaka sudah besinergi dan sudah bergerak semua dengan melibatkan semua elemen hanya tinggal lagi perhatian dari pemerintah tingkat atas ke bawah," tutup Umar sembari menyampaikan fasiltas Damkar yang dimiliki Kecamatan batang Tuaka masih sangat minim serta kondisi infrastruktur yang tidak mendukung. (ard)


Baca juga: Gawat!, Masih Ada Masyarakat yang Tidak Tahu Larangan Membakar Lahan
Baca juga: Sikapi Masalah Kebakaran Lahan, Bupati Wardan Tinjau Posko Tanggap darurat Kalhutla Inhil

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER