Kanal

Pemindahan Novanto Ke RSCM Kencana Diwarnai Kericuhan

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI dibawa keluar dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan. Tersangka Korupsi E-KTP itu pun dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta Pusat. Dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Novanto dibawa menggunakan brankar dari ruang perawatan pukul 12.45 WIB. Sempat terjadi aksi dorong mendorong dengan pengawal Novanto saat Ketua Umum Golkar itu dibawa keluar menuju ambulan. Beberapa wartawan, terutama pewarta foto dan televisi sempat ricuh ingin mengambil momen Novanto dipindahkan.

Menurut kuasa hukum Novanto, Fredrich Yunadi, kliennya dipindahkan ke RSCM Kencana atas rujukan dokter yang merawatnya yakni DR dr H Bimanesh Sutarjo, SpPD, KGH, FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam, konsultan ginjal dan hipertensi di RS Medika Permata Hijau.

"Dipindahkannya atas rujukan dokter Bima, juga persetujuan dari Pak Novanto sendiri juga dari pihak keluarganya," demikian Fredrich.

Observasi Kesehatan Novanto Butuh Waktu 3X24 Jam

Tim dokter RS Media Permata Hijau masih terus melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPR Setya Novanto.

Salah satu tim dokter dr. Bimanesh Sutarjo mengatakan

Tim dokter akan melakukan pemeriksaan CT-scan untuk mengetahui seberapa parah cedera di kepala ketum Golkar itu.

Salah satu tim dokter dr. Bimanesh Sutarjo mengatakan CT-scan diperlukan untuk mengetahui kondisi Novanto.

"Kami yang dimintakan dokter yang menangani masalah saraf, cedera kepalanya itu CT-scan yang akan kita kerjakan, jadi belum MRI (Magnetic Resonance Imaging)," kata dr. Bimanesh di RS Media Permata Hijau, Jakarta Selatan, Jumat (17/11).

Masa observasi kesehatan Novanto pasca tabrakan selama 3 x 24 jam. Setelah itu baru dapat diketahui apakah masa rawat diperpanjang atau hanya rawat jalan.

"Pasien kalau cedera kepala masa observasi di RS manapun adalah 3x24 jam. Berpegang pada ketentuan medisnya adalah observasi 3 x 24 jam baru kita ketahui orang ini bisa kita perlu diperpanjang masa rawatnya atau bisa pulang rawat jalan. Ini bukan bidang saya tapi yang umum saya pelajari di kedokteran umum begitu, 3x24 jam kita katakan stabil bisa orang bisa rawat jalan," papar dr. Bimanesh.

Ketum Golkar Setya Novanto dilarikan ke RS Medika Permata Hijau setelah mobil yang rencananya mengantarkannya ke KPK mengalami kecelakaan pada Kamis malam tadi di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Novanto menjadi target operasi KPK setelah mangkir dalam panggilan untuk diperiksa sebagai tersangka pada perkara korupsi KTP elektronik.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER