Kanal

Keren! Begini Potret dari Keseharian Presiden Soeharto, Sisi Lain yang Jarang Diketahui Publik!

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Presiden Soeharto dinobatkan sebagai penguasa terlama yang pernah memimpin Indonesia, yakni selama kurun waktu 32 tahun. Pertama kali Soeharto menjadi Presiden Republik Indonesia adalah ketika Presiden Soekarno mengalami sakit keras, sementara Indonesia butuh seorang pemimpin. Di saat-saat itulah Soeharto muncul. Era kepemimpinan Presiden Soeharto ini baru selesai setelah para mahasiswa melakukan demo besar-besaran pada tahun 1998 yang menuntut dirinya agar segera lengser dari singgasana kepemimpinan.

Sebagian besar masyarakat mungkin tahu bahwa tahun 1998 adalah tahun yang sangat kelam bagi sejarah Negara Indonesia. Pada saat itu, Indonesia tengah menghadapi berbagai krisis, mulai dari krisis moneter hingga krisis kepercayaan kepada sang pemimpin negara. Akhirnya, The Smiling General pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia dan menyerahkan jabatannya tersebut kepada wakilnya saat itu, B.J. Habibie tepat pada tanggal 21 Mei 1998.

Meskipun dikenal sebagai seorang pemimpin yang otoriter, namun Indonesia pernah berjaya di masa pemerintahannya ini. Salah satu prestasinya selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia adalah berhasil melaksanakan Swasembada Pangan pada tahun 1984 setelah sebelumnya Indonesia dilanda krisis ekonomi. Berkat keberhasilannya itu, Presiden Soeharto diundang sebagai tamu kehormatan dan diperkenankan utnuk menyampaikan pidato dalam Konferensi ke-23 Food and Agriculture Organization (FAO) yang berlangsung di Roma, Italia pada tanggal 14 November 1985. Di balik itu semua, Presiden Soeharto merupakan seorang manusia biasa. Beberapa foto yang disajikan di bawah ini pun akan menunjukkan keseharian Soeharto, baik ketika bertugas sebagai seorang presiden maupun berkegiatan layaknya masyarakat pada umumnya. Yuk, kepo!

1. Saat Soeharto tengah pergi piknik bersama keluarga

teukuyadin.wordpress.com

2. Pada saat pertama kali mengunjungi Papua pada tahun 1969

www.brilio.net

3. Soeharto yang masih sangat muda sekali bersama dengan Jenderal Besar Soedirman. Ganteng, ya!

teukuyadin.wordpress.com

4. Soeharto bersama pasukannya

www.kailipost.com

5. Foto yang diambil ketika tahun 1966 kala Soekarno membacakan pidatonya terkait Supersemar

historia.id

6. Soeharto dan Soekarno tampak sedang bersenda-gurau

index.hu

7. Soeharto dan Soekarno tengah membicarakan sesuatu, kira-kira apa ya?

nusantara.news

8. Soeharto bersama dengan nelayan dan teman-temannya

www.pinterest.com

9. Soeharto, anak kecil, dan sebuah senapan

plus.google.com

 

(yukepo)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER