Kanal

Selain Gili Lawa Darat, Pulau Kenawa NTB Tawarkan Sensasi Berpetualang di Alam Liar Afrika

KEBAKARAN melanda salah satu spot wisata Taman Nasional Komodo. Kebakaran kali ini, bukan melahap gedung atau bangunan seperti yang biasa terjadi, namun di hamparan padang rumput di kawasan Gili Lawa Darat.

Padang rumput di sana memang salah satu yang terbaik, tidak kalah dengan alam liar Afrika yang menjadi rumah sang raja hutan? Penasaran seperti apa hamparan padang rumput di daerah tersebut.

Beberapa wilayah di Indonesia pun tampak menyerupai landskap Afrika terutama di musim kemarau, salah satunya pulau Kenawa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Belakangan ini nama Nusa Tenggara Barat tengah naik daun. Makin banyak turis domestik dan mancanegara yang menjadikan NTB sebagai destinasi pilihan traveling setelah Bali. Alasan utamanya, karena NTB belum begitu touristy dan ramai. Tentunya alamnya pun masih alami. Satu pulau di NTB yang makin sering dikunjungi adalah pulau Kenawa.

Terletak di sebelah barat laut pulau Sumbawa, pulau Kenawa bisa diakses dengan menyewa perahu nelayan dari pelabuhan Poto Tano. Perjalanan menyeberang ke pulau Kenawa memakan waktu kurang lebih 20 menit. Pulau Kenawa juga sering disinggahi kapal-kapal wisata yang menuju ke Labuan Bajo, Flores.

Keistimewaan pulau kecil tidak berpenghuni semakin bersinar saat musim kemarau seperti sekarang. Karena kawasan Nusa Tenggara beriklim savana, alam pulau Kenawa pun berubah bak alam liar di Afrika.

Permukaan pulau yang biasanya dipenuhi dengan padang rumput hijau berubah menjadi padang rumput kering kecoklatan. Hampir tidak ada pohon di pulau Kenawa, menjadikannya sebagai lokasi kemping yang pas.

Selain kemping dan menikmati pemandangan yang mirip alam Afrika, hiking ke puncak bukit merupakan aktivitas favorit para traveler yang berkunjung ke pulau Kenawa. Bukit yang berada di ujung pulau ini bisa didaki selama 10 menit, namun mesti hati-hati karena ada banyak potongan batu di lereng dan terkadang curam.

Sesampainya di puncak, luangkan waktu sejenak di puncak bukit untuk menikmati pemandangan dari atas. Puncak bukit di pulau Kenawa juga merupakan tempat yang paling sempurna untuk menikmati sunset.

Hingga saat ini, pulau Kenawa tak berpenghuni. Namun bukan berarti anda tak bisa menemukan rumah, karena ada dua rumah unik yang terbuat dari barang daur ulang seperti botol kaca bekas dan ban bekas berdiri di pulau Kenawa.

Rupanya, rumah earthship ini dihuni oleh para peneliti asing dari Eropa. Mereka menempati rumah unik ini selama beberapa bulan. para traveler yang berkunjung ke pulau Kenawa juga bisa beristirahat di beberapa gazebo di pinggir pantai.

Bila anda berniat mengunjungi pulau Kenawa, jangan lupa untuk meluangkan waktu snorkeling, karena alam bawah lautnya sangat indah. Pantainya yang berpasir putih dan air yang lautnya yang sejernih kristal menjadikan pulau Kenawa sebagai tempat bersantai yang perfect di Nusa Tenggara Barat.


(okezone.com)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER