Kanal

Penjelasan Ilmiah Makan Es Krim Bisa Bangkitkan Mood

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Banyak cara orang membangkitkan mood dengan mencari kenikmatannya tersendiri. Salah satunya memilih makan es krim dan cokelat yang enak.

Pastinya Anda merasakan sensasi dingin dan nikmat ketika makan es krim. Setelah itu perasaan jadi lebih sumringah dan bahagia. Namun terkadang banyak orang mengira itu sugesti saja. Padahal ada penjelasan ilmiahnya yang bisa Anda pahami.

Psikolog Ayoe Sutomo menjelaskan, sebenarnya makan es krim jadi salah satu cara individu orang dewasa dalam merespons emosi positif. Memang sensasi dingin dalam es krim diklaim mudah membangkitkan mood seseorang.

Ada makanan tertentu, biasanya makanan yang manis, kalau es krim ada sensasi menyegarkan, makanan yang mengandung fat atau lemak.

"Kalau makan es krim, setelahnya pasti deh orang jadi tidak cemberut karena rasanya manis dan ada sensasi dingin menyegarkan," ujar Ayoe ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

Selain es krim, cokelat juga dianggap mampu membangkitkan mood seseorang. Cokelat punya perpaduan rasa manis dan pahit yang nyaman di lidah. Apalagi bagi pencinta cokelat seolah mengandalkan makanan ini saat mood menurun. Terlebih, cokelat juga mengandung lemak yang bisa menenangkan pikiran seseorang.

"Jadi setelah makan cokelat atau es krim langsung mood-nya bangkit itu ya bukan sugesti, karena ternyata ada manfaatnya," terang dia dilansir okezone.

Dia mengungkap, seseorang mudah saja mengalami mood jelek dalam kondisi tertentu. Terlebih bagi kalangan remaja yang masih mencari jati dirinya yang labil. Ketika perasaan mendadak sedih, tentu harus disikapi dengan membangun energi positif. Setiap individu punya cara masing-masing, tergantung dengan kenyamanan mereka.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER