Kanal

Tiga Hal Menggemparkan Dunia yang Terjadi Tahun 1945

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Tahun 1945 adalah tahun yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya pada tahun tersebut, Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia ini pun menggemparkan dunia terutama Belanda yang sebelumnya menjajah Indonesia.

Namun selain kemerdekaan Indonesia, ada 3 hal lain yang juga menggemparkan dunia di tahun 1945, apa saja?

1. Kematian Presiden AS di Tengah Perang - Selama Perang Dunia II berlangsung, Amerika Serikat dipimpin oleh Presiden Franklin D. Roosevelt.

Namun pada 12 April 1945 yang notabene masa-masa yang menentukan pada PD II, Presiden Roosevelt tiba-tiba meninggal dunia.

2. Bom Atom Pertama Dijatuhkan - Pada 6 Agustus 1945, bom atom pertama dijatuhkan di wilayah Jepang, tepatnya kota Hiroshima.

Akibat bom atom tersebut, diperkirakan lebih dari 200,000 orang tewas. Berita ini pun mengejutkan seluruh dunia dan sekaligus meningkatkan pengakuan terhadap kekuatan militer AS.

3. Mulai Pecahnya Semenanjung Korea - Akibat perebutan pengaruh antara AS dan Rusia di semenanjung Korea pada akhir tahun 1945, negara tersebut akhirnya mulai terpecah menjadi 2 bagian.

Wilayah utara yang didominasi Rusia, kelak menjadi Korea Utara, sedangkan wilayah selatan yang dikuasai AS menjadi Korea Selatan.

 

Sumber: jitunews

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER