Kanal

Tips Memulai Bisnis Online untuk Para Milenial

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Seperti apa cara belajar bisnis online dalam waktu yang singkat? Apakah hal tersebut bisa? Bagi kebanyakan orang, memulai bisnis tidaklah semudah teori. Oleh sebab itu, kita semua tahu membangun sebuah bisnis pasti membutuhkan banyak hal yang harus dipikirkan. Terutama untuk kaum milenial.

Pada era sekarang yang serba digital, ada berbagai pilihan dalam menjalankan bisnis dan yang saat ini paling populer adalah bisnis online.

Hal ini dikarenakan semua orang sudah memiliki smartphone yang terhubung dengan internet. Selain itu, semua orang juga sudah memiliki banyak akun media sosial yang membuat kita bisa terhubung dengan berbagai orang di dunia.

Namun demikian untuk menjalankan bisnis online itu gampang-gampang susah. Karena, ia berbeda dengan bisnis offline atau membuka toko.

Belum lagi saingannya sangat banyak. Oleh sebab itu, berikut ini TipsTren.com membagikan tips-tips cara belajar bisnis online dalam waktu singkat, khususnya kaum milenial, ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan.

1. Harus membangun sikap mental yang positif.
Bisnis online memang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, jadi ada beberapa sikap mental yang harus Anda memiliki.

Antara lain: mau belajar dengan serius, mau bekerja keras, pantang menyerah, punya mimpi besar dan tersusun rapi, dan mau mengambil risiko.

Sebenarnya, seluruh sikap mental di atas harus Anda terapkan pada setiap bisnis, mau bisnis online atau bisnis offline. Namun di bisnis online, maka Anda membutuhkannya lebih besar daripada yang lain.

Sebagai contoh mau belajar dengan serius, Anda bertanya kepada mereka yang sudah memiliki bisnis online yang baik. Dari sana, Anda bisa belajar darinya, bertanya, dan mencoba memecahkan masalah.

Untuk pantang menyerah, Anda diwajibkan memiliki sikap ini karena bisnis online kadang laku kadang tidak. Anda harus memiliki modal ini untuk tahan banting dengan berbagai tipe konsumen. Ingat, di sini Anda ‘tidak bertemu’ dengan konsumen Anda.

Anda hanya melihatnya melalui akun media sosial. Oleh karenanya, Anda harus memahami semua sikap konsumen online Anda dan pantang menyerah untuk memikat hati mereka.

Gunakan bahasa dan sikap yang baik sehingga mereka memberikan feedback yang sama. Nah, setelah Anda memiliki sikap-sikap di atas, berikut beberapa cara belajar bisnis online dalam waktu singkat untuk kaum milenial.

Pertama, cari bisnis online yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Jika Anda menyukai dunia tulis-menulis, Anda bisnis online membangun blog, website, atau menjadi freelance.

Atau jika Anda menyukai kopi, Anda bisa menjual kopi secara online. Bisnis online ini cukup popular dikalangan anak muda di Indonesia.

Anda bisa mencari menu yang unik, pengemasannya yang lucu, dan aktif di media sosial seperti Instagram.

2. Membangun toko online.
Toko online di sini bisa dimaksud membuat akun online di website-website besar. Seperti Lazada, Shoppe, atau di media sosial sekalipun.

Karena toko Anda tidak bisa dilihat langsung dengan konsumen Anda, maka Anda perlu membangun toko online Anda dengan menggunakan foto dan video.

3. Mengemas produk online Anda.
Apakah Anda tahu apa yang harus dimiliki seorang pebisnis? Benar, kreatif. Kreatif adalah dasar semua bisnis. Tanpa itu, bisnis Anda akan ketinggalan zaman dan ditinggal konsumen Anda.

Oleh karenanya, coba lihat tren yang ada dan memadupadankan dengan bisnis online Anda. Contoh jika Anda berjualan kopi, coba cek menu apa yang lagi favorit. Biasanya ada latte atau malah kopi susu.

Susah-susah gampang bukan? Tapi tidak ada salahnya mencoba cara belajar bisnis online dalam waktu singkat untuk kaum milenial di atas.

Semoga bermanfaat! (tipstren)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER