Kanal

Harga Bawang Capai Rp27 Ribu/Kg

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Jelang akhir tahun 2018, harga bawang di Pekanbaru terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru kenaikan siginifikant terjadi pada bawang merah.

Kepala DPP Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan harga bawang merah naik di kisaran Rp5.000 per kilogramnya. 

"Pekan sebelumnya harga bawang merah masih Rp22.000 per kilogram, tapi pekan ini meroket hingga di angka Rp27.000 perkilogramnya," ujar Ingot, Selasa (27/11/2018).

Berbeda dengan harga bawang merah, pekan ini harga bawah putih justru mengalami penurunan harga dibandingkan akhir pekan lalu. 

"Pekan ini harga bawang putih justru turun dan kini di kisaran Rp18.000 per kilogram," Cakapnya.

Salah seorang penjual Bawang Merah di pasar Cipta Karya Panam Uni Ida mengatakan sejak kemarin bawang merah memang sudah mengalami kenaikan. Dikatakan wanita berdarah minang ini, kenaikan harga bawang merah memang sudah mulai terasa beberapa waktu belakangan ini. 

"Naiknya kemarin memang sikit-sikit. Hari ini udah naik sampai Rp5.000 perkilonya," ujar Uni Ida.

Akibat kenaikan harga bawang ini, konsumen yang membeli bawang tidak sebanyak biasanya. "Biasanya pembeli tu sekali beli 1 Kg. Sekarang dikurangi jadi 1/2 Kg. Ya memang pembeli kita tidak berkurang, tapi jumlah yang dibelinya memang berkurang," Cakapnya.

Ia berharap harga bawang merah bisa kembali normal seperti semula. "Sebagai masyarakat tentu kita berharap harga-harga bisa normal. Tak hanya bawang tapi semuanya, janganlah ada yang naik-naik," harapnya. (MCR)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER