Kanal

11 Orang di India Tewas Usai Makan Nasi Beracun

INHILKLIK.COM, NEW DELHI - Sedikitnya 11 orang di India tewas setelah memakan nasi beracun dalam sebuah seremoni di kuil Hindu setempat. Nasi yang dimakan banyak orang itu diduga tercampur zat beracun.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (15/12/2018), dituturkan seorang pejabat kesehatan setempat bahwa puluhan orang lainnya jatuh sakit usai mengonsumsi nasi beracun itu. Sekitar 29 orang lainnya dilaporkan dalam kondisi kritis saat ini.

Para korban yang jatuh sakit kini tengah menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit setempat di kota Mysore, Karnataka.

"Sedikitnya 11 orang meninggal dunia sejauh ini dan 93 orang lainnya dirawat di rumah sakit. Dari jumlah itu, sebanyak 29 orang mendapat bantuan ventilator," sebut pejabat kesehatan distrik Chamraj Nagar, KH Prasad, kepada AFP.

"Kemungkinan sejumlah zat beracun tercampur dengan nasi. Sampelnya telah dikirimkan untuk uji forensik," imbuhnya.

Dituturkan Prasad bahwa mereka yang dirawat di rumah sakit diketahui mengalami gejala keracunan seperti muntah-muntah, diare dan gangguan pernapasan.

Menurut kepolisian setempat, orang-orang banyak berkumpul di kuil Kicchukatti Maramma untuk mengikuti seremoni pentasbihan pada Jumat (14/12) waktu setempat. Usai seremoni digelar, mereka mendapat nasi yang disajikan sebagai 'sajian suci'.

Salah satu warga yang ikut seremoni itu, Murugappa, menuturkan bahwa orang-orang diberi sajian nasi tomat dan minuman berasa.

"Bau busuk tercium dari makanan itu, tapi orang-orang yang ada di bagian depan antrean tetap mengkonsumsinya. Sesaat kemudian mereka mulai muntah dan berbuih di bagian mulutnya," tutur Murugappa seperti dikutip media lokal NDTV.

Dalam pernyataan terpisah, Kepala Menteri wilayah setempat HD Kumaraswamy menyampaikan belasungkawa atas insiden ini dan mengumumkan kompensasi sebesar 500 ribu Rupee (Rp 100,9 juta) untuk setiap keluarga korban.


(detik.com)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER