Kanal

Kesegaran Minuman Legendaris Es Oyen, Yuk Icip!

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Es Oyen, salah satu minuman legendaris yang berasal dari kota Bandung yang dikenal di seluruh kota di Indonesia.

Es oyen merupakan campuran dari sagu mutiara atau pacar cina, agar-agar, kelapa muda, nangka dan alpukat. Kemudian diberi serutan es, sedikit gula, sirup plus susu di atasnya yang membuat es ini semakin segar saat dinikmati.

Dikutip dari detikfood.com es oyen ini sendiri berasal dari Bandung dan sudah dijajakan sejak puluhan tahun silam. Lalu mengapa dinamakan 'Oyen'?

Sebenarnya banyak versi seputar nama es legendaris ini. Konon mulai dari yang mengatakan bahwa nama 'Oyen' tersebut berasal dari nama sang penjual es oyen ini saat pertama kali dijual puluhan tahun lalu.

Namun ada pula yang mengatakan bahwa nama tersebut diambil dari nama burung perkutut miliknya (penjual es, red) yang jika berkicau mirip dengan sapaan yang terdengar seperti 'Oyen'. Nah, sejak itulah es ini dikenal dengan sebutan Es Oyen oleh para pelanggannya.

Nah berbicara mengenai es oyen, di Pekanbaru  penjual es oyen ini sudah menjamur loh.

Untuk bahan-bahan yang digunakan sama halnya dengan kota-kota lain, yaitu terdiri dari potongan alpukat segar, buah nangka, kelapa muda dan agar-agar yang dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Dan tak lupa juga dengan sirup dan krimer kental manis sebagai pelengkap rasanya.

"Es oyen ini banyak campuran bahannya seperti buah alpukat, nangka kemudian juga ada pacar cina sebagai pelengkapnya," kata Upik, penjual es oyen di Jalan Kubang Raya Panam Pekanbaru, Jumat 18 Januari 2019.

"Es ini rasanya segar. Saya saja awalnya suka beli es oyen ini untuk anak. Karena sering beli mending saya buat sendiri. Dan ternyata enak, lalu saya jual," ujarnya.

Dengan harga Rp7 ribu saja per porsinya, es oyen buatan Upik sudah bisa dinikmati.

Namun, es oyen ini bisa anda buat sendiri di rumah. Berikut cara sederhana membuat es oyen:

1. Potong alpukat, nangka, kelapa muda, dan agar-agar sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Rebus pacar cina atau sagu mutiara hingga empuk.

3. Campurkan air mineral dan gula, rebus hingga mendidih. Kemudian, diamkan hingga dingin.

4. Siapkan gelas saji. Masukkan potongan buah, agar-agar, sagu mutiara dan pacar cina yang sudah direbus.

5. Tuang air gula, sirup dan susu kental manis di dalam gelas saji. Terakhir, masukkan es batu agar es oyen dapat disantap selagi dingin. Selamat menikmati. (bertuahpos)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER