Kanal

Apakah Hipertensi Bisa Disembuhkan? Ini Penjelasannya

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Hipertensi atau tekanan darah tinggi kondisi dimana tekanan darah terus naik, hingga lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi merupapakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Risiko paling berbahaya dari hipertensi bisa menyebabkan stroke atau bahkan kematian.

Namun sayangnya, hipertensi tidak bisa dideteksi hanya dengan merasakannya saja, karena tidak ada ciri fisik yang menandai hipertensi. Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki darah tinggi.

Hipertensi bisa terjadi akibat adanya penyakit lain yang terdapat dalam tubuh, seperti penyakit jantung ataupun ginjal.

Namun, lebih dari 85 persen penderita hipertensi di dunia disebabkan karena genetik atau keturunan.  Hipertensi yang disebebkan oleh keturunan tersebut dinamakan hipertensi primer.

Nah, pertanyaannya, apakah hipertensi bisa disembuhkan?

Dikutip dari hellosehat.com, hipertensi yang disebabkan oleh penyakit lain seperti jantung dan ginjal memiliki potensi untuk disembuhkan, namun potensi untuk sembuh sangat kecil. Hipertensi ini dapat sembuh apabila akar masalah atau penyakit penyebabnya dapat disembuhkan.

Sedangkan untuk hipertensi primer, ini merupakan penyakit keturunan yang tidak bisa untuk disembuhkan. Dalam artian, apabila tekanan darah turun, itu bukan berarti penderita hipertensi sembuh. Tekanan darah dapat kembali naik kapan saja oleh faktor-faktor tertentu.

Namun, untuk menghindari risikonya, penderita hipertensi dapat mengkonsumsi obat pengendali darah tinggi, serta mengatur pola hidup sehat.

Bisa dengan mengkonsumsi makanan yang tidak memicu kenaikan tekanan darah. Serta bisa juga rajin berolahraga, karena olahraga sangat diperlukan oleh tubuh.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai hipertensi. Tetap jaga kesehatan, atur pola makanan serta rajin berolahraga. Semoga bermanfaat. (bpc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER