Kanal

Wah, Ternyata Demam Baik untuk Tubuh, Ini Penjelasannya

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh menjadi sangat panas, hingga lebih dari 35 derajat celcius. Ini merupakan kondisi yang paling tidak diinginkan oleh orang, karena saat demam tubuh akan terasa sangat tidak nyaman.

Namun tahu kah kamu, dengan kondisi yang sangat tidak nyaman tersebut, ternyata demam juga memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, saat demam, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Saat demam, suhu tubuh menjadi lebih tinggi dari biasanya, hal ini akan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih cepat.  Karena meningkatnya metabolisme tubuh tersebut, maka sistem kekebalan tubuh juga akan semakin meningkat dan aktif.

Bukan hanya itu, saat demam, tubuh juga akan memperbanyak produksi sel darah putih, yang berfungsi melawan segala macam virus dan bakteri jahat.

Selain itu, demam juga dapat membunuh berbagai macam kuman dalam tubuh.

Ketika demam, kadar zat besi dalam darah, yang merupakan tempat bergantung berbagai virus dan bakteri akan berkurang dan digantikan oleh hormon hepsidi. Dengan demikian, virus dan bakteri yang bergantung pada zat besi pun akan mati.

Tak cuma itu, suhu panas saat demam juga akan membunuh beberapa jenis bakteri yang tidak tahan terhadap suhu panas pada tubuh.

Nah, itu tadi beberapa menfaat demam untuk tubuh. Selain dapat membuat sistem imun tubuh meningkat, demam juga dapat membunuh sejumlah virus dan bakteri yang terdapat dalam tubuh.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER