Kanal

Menu Makan Siang : Gulai Jengkol

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN -  Bagi sahabat bertuah yang masih bingung mikirin menu makan siang hari ini, bertuahpos.com akan berikan rekomendasi untuk anda.

Siang ini, tak ada salahnya mencoba menu Jengkol untuk teman makan. Kali ini bertuahpos.com akan menyajikan cara membuat Gulai Jengkol seperti yang dikutip dari cookpad.com.

Bahan-bahan:
1/2 Kg Jengkol yang sudah tua
100 gram tetelan sapi
1 bungkus santan instan
400 ml Air
Minyak goreng
4 lembar daun sala
6 lembar daun jeruk
1 batang serai
2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan gula pasir
1 bungkus kaldu sapi bubuk
1 sendok makan Garam secukupnya,
25 buah cabai merah besar
10 cabai rawit merah
6 butir kemiri
2 sendok ketumbar
1 sendok merica bulat
6 siung Bawang merah
4 siung Bawang putih
2 cm lengkuas (geprek)
1 cm kunyit
1 cm jahe

Langkah pembuatan :
1. Rebus jengkol (lebih enak sehari sebelum memasak, Jengkol di rendam semalaman) kemudian kupas kulitnya yang hitam dan dibelah dua, cuci bersih dan rebus lagi dengan daun salam kemudian ditumbuk.. Dan siap di olah..
2. Haluskan semua bumbu.. Kecuali daun daunan dan lengkuas..
3. Panaskan minyak goreng secukupnya, setelah panas masukan daun salam, jeruk dan serai setelah wangi masukan bumbu yang sudah di haluskan, kemudian masukan tetelan tumis terus sampai wangi dan agak kering, lalu masukan jengkolnya..
4. Aduk aduk terus sampai bumbu meresap, sesudah itu masukan santan kemudian di aduk dan di campur sampai rata dan meresap baru kemudian masukan air dan di aduk terus..
5. Diamkan sampai mendidih dan meresap sambil terus di aduk.. Lalu masukan kecap, gula, kaldu dan garam.. Cicipi rasanya.. Diamkan lagi sampai air berkurang dengan api kecil.. Kalau sudah agak kering dan berminyak matikan api dan diamkan sampai agak dingin.. Setelah itu siap di santap.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER