Kanal

Muncul Ketombe di Alis Mata? Ini Penyebabnya

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ketombe, salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Apalagi sensasi rasa gatal pada kulit kepala akibat ketombe tak hanya mengganggu, tapi juga mempengaruhi penampilan.

Biasanya diketahui ketombe sering muncul di area kepala. Namun tahukan kamu, kotembe bisa berkembang di bagian alis mata manusia.

Dikutip dari kumparan.com, ketombe dapat muncul di bagian alis mata, dagu dan area dekat hidung. Hal ini disebabkan dermatitis seboroik. Dimana pada kondisi ini kulit mengalami peradangan dan pengelupasan akibat produksi minyak berlebih dari kelenjer minyak. Dan alis sendiri adalah salah satu area pada wajah yang memiliki kelenjer minyak terbanyak selain kulit kepala.

Selain itu munculnya dermatitis seboroik juga berkaitan dengan munculnya koloni jamur malassezia yang ada dalam sekresi kulit berminyak berlebih.

Akibatnya, timbul iritasi atau reaksi alergi pada beberapa orang berupa peradangan yang menghasilkan kulit mengelupas berwarna merah, gatal, dan akhirnya muncul sisik-sisik serpihan putih berupa ketombe.

Nah, jika kamu mengalami hal seperti ini tidak perlu pusing. Ada beberapa cara mengatasinya. Diantaranya dengan membersihkan alis secara rutin menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung ketokonazol, selenium sulfida, zinc pyrithione, sodium sulfacetamide, dan salicylic acid.

Selain itu, seperti dilansir kumparan.com, tea tree oil atau minyak daun teh juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada alis mata. Dengan cara mengencerkan 15 tetes tea tree oil dengan satu sendok minyak kelapa, gel lidah buaya, serta air hangat atau cairan pembersih wajah yang biasa kamu pakai. Gunakan perawatan tersebut setiap hari kemudian kurangi frekuensinya. Lakukan satu atau dua kali seminggu. Semoga bermanfaat.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER