Kanal

Presiden Terpilih Disarankan Bentuk Zaken Kabinet

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sarankan presiden terpilih untuk membentuk zaken kabinet. Kabinet pemerintah diisi oleh golongan profesional yang mengerti secara detil masalah dan kebutuhan pemerintah.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menyebut, hal ini sebelumnya sudah sempat digagas oleh pemerintah. Zaken kabinet diyakini akan membuat kinerja dan tujuan negara terarah.

"Kalau dia bicara lingkungan hidup dia paham sebenarnya gajah itu mati karena apa. Detail-detail seperti itu yang kita perlukan sekarang, bukan hanya di atas-atas permukaan," katanya, di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa 21 Mei 2019.

Dilansir dari detikcom, dia melanjutkan dengan contoh profesional di bidang keuangan. Menurutnya, orang yang mengisi posisi di bidang keuangan nantinya harus paham bagaimana memaksimalkan pendapatan negara.

"Kalau dia di keuangan, dia mengerti betul sebenarnya Indonesia bisa ngumpul berapa uang lagi. Seperti mimpi di KPK untuk bisa Rp 4.000 triliun APBN itu. Itu datang dari pembelajaran, detail seperti itu yang disebut zaken kabinet profesional itu," ucapnya.

Selain itu, Saut juga mengingatkan agar para menteri yang dipilih nantinya punya integritas. Dia mengatakan menteri yang berintegritas bakal mempermudah pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Kalau ketemu dengan orang-orang yang berintegritas, dipilih orang-orang yang berintegritas, KPK akan lebih gampang mengikuti iramanya. Jangan lupa, selama ini KPK kan direm-rem juga sama orang penyelidikan, 'pak jangan ke sana pak, ini orangnya begini', kalau semua sudah berintegritas kita lebih cepat membangun tata kelola yang baik," jelas Saut.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER