Kanal

Tips Mudik Lebaran, Cara Berikut Ini Bikin Aki Motor Cepat Soak

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Masalah pengapian pada kendaraan bermotor jangan disepelekan. Ada banyak kasus yang menggagalkan sebuah perjalanan penting hanya karena masalah ini. Bisa jadi karena busi, atau karena aki (baterai).

Untuk menghidupkan mesin menggunakan tombol elektrik otomatis yakni starter memang sangat memudahkan pengendara d­­­­­­­­engan tidak lagi menyalakan mesin kendaraan secara manual.

Namun starter memiliki kekurangan yang bisa menyebabkan kerugian bagi pengguna sepeda motor. Hal ini dikarenakan penggunaan starter dinilai dapat membuat aki pada sepeda motor tersebut cepat rusak ataupun soak.

Justru jika menghidupkan mesin secara manual atau diengkol memiliki kelebihan tersendiri dan salah satunya untuk keawetan energi dan masa penggunaan aki itu sendiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, menghidupkan mesin dengan cara diengkol khususnya pada pagi hari dianggap lebih efektif untuk merawat aki motor agar tidak cepat soak.

Walaupun efeknya tidak langsung dapat dilihat ataupun dirasakan, tetapi baru akan terasa dalam waktu jangka panjang.

Selain itu, dalam perawatan aki motor bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menghidupkan mesin di pagi hari setelah seharian tidak digunakan dengan cara diengkol. Karena hal tersebut bisa mengurangi beban dalam energi aki. Dan setelah mesin menyala, maka energi aki tersebut bisa terisi kembali.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER