Kanal

12 Tahun Berturut-turut Islandia Dinyatakan Negara Paling Damai

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Islandia telah mempertahankan posisinya sebagai negara yang paling damai di Bumi, menurut Indeks Perdamaian Global tahun ini.  Sementara itu, Afghanistan berada di urutan paling bawah, bahkan berada di bawah Suriah, Sudan Selatan, Yaman, dan Irak.

Laporan tersebut mengukur kedamaian di 163 negara, dengan serangkaian tindakan termasuk pengeluaran militer dan kematian akibat konflik dan terorisme, serta perkiraan biaya ekonomi dari kekerasan.  

Islandia, yang sering digambarkan sebagai surga Nordik yang indah, berada di peringkat pertama untuk tahun ke-12 berturut-turut.

Untuk tahun ini peneliti memuji penurunan angka pembunuhan di negara itu dan peningkatan dana untuk pemeliharaan perdamaian PBB. 

"Lembaga kuat, sikap dan struktur perdamaian yang dipertahankan Islandia telah memperkuat ketahanan negara terhadap guncangan internal kecil," kata mereka.

Selandia Baru berada di urutan kedua. Meskipun negara itu telah diguncang oleh serangan masjid Christchurch, tetapi pemerintahnya dinilai telah mengambil langkah untuk mencegah bencana seperti itu.

Portugal berada di urutan ketiga, disusul oleh Austria dan
Denmark, di urutan empat dan lima.

Indonesia sendiri berada di urutan ke 41.

Berikut daftar 10 negara terdamai di dunia
1. Islandia
2. Selandia Baru
3. Portugal
4. Austria
5. Denmark
6. Kanada
7. Singapura
8. Slovenia
9. Jepang
10. Republik Ceko

Berikut 10 negara yang berada di urutan paling bawah:
153. Pakistan
154. Rusia
155. Republik Demokratik Kongo
156. Libya
157. Republik Afrika Tengah
158. Somalia
159. Irak
160. Yaman
161. Sudan Selatan
162. Suriah
163. Afghanistan

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER