Kanal

Naik Pesawat Sendirian Dari Kertajati, Ini Jawaban Citilink

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Jagat media sosial diramaikan video seorang penumpang pesawat Citilink tengah memamerkan kursi-kursi kosong di dalam kabin pesawat yang ia tumpang.

Salah satu pengguna Facebook bernama Firmansyah mengunggah video tersebut pada Selasa (2/7) disertai narasi "PENUMPANG KOSONG MELOMPONG Bukti Pesawat Kertajati-Surabaya hanya 1 orang penumpang. Infratruktur rugi?!".

Berdasarkan data Angkasa Pura II, Citilink merupakan salah satu dari lima maskapai yang terbang melalui Bandara Kertajati per 1 Juli lalu.

Setidaknya ada 12 rute penerbangan domestik yang dipindahkan dari Bandara Husein Sastaranegara Bandung.

Untuk maskapai Citilink melayani rute Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Medan, dan Palembang.

Kembali ke soal video "Penumpang Kosong Melompong." Pihak manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dikonfirmasi membenarkan hal itu terjadi pada Senin lalu itu. Saat awal beroperasi, penerbangan rute Kertajati-Surabaya memang sedikit penumpangnya.

Tapi bukan seorang penumpang pesawat sebagaimana video yang viral, melainkan 10 orang.

Malahan, menurut Airport Operation and Performance Group Head PT BIJB Agus Sugeng Widodo, penerbangan itu sempat mau dicancel alias batal terbang meski akhirnya tidak jadi.

"Kalau kemarin 10 orang, itu karena pemasaran tiket cuma berapa hari karena penerbangan ini log off cukup lama," kata Airport Operation and Performance Group Head PT BIJB Agus Sugeng Widodo 

Sementara itu VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Resty Kusandarina menyebut bahwa pihaknya tidak dapat memberi keterangan mengenai situasi penerbangan yang diunggah di akun Firmansyah.

"Dikarenakan di dalam video tersebut tidak terdapat waktu maupun detail penerbangan," tegasnya dikutip Kantor Berita RMOL.

Dia menerangkan bahwa catatan penerbangan Citilink, tingkat keterisian kursi dari Bandara Kertajati sudah mencapai rata-rata 50 persen. Bahkan untuk rute Kertajati-Surabaya sudah mencapai lebih di atas 50 persen. 

"Jumlah ini cukup baik dikarenakan saat ini masih dalam masa transisi dan pengenalan Bandara Kertajati kepada masyarakat," pungkasnya. 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER