Kanal

Puskesmas Sungai Salak Deteksi Dini Siswa yang Punya Masalah Kesehatan

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini Siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Pelaksanaan penjaringan kesehatan ini dilakukan selama Bulan Juli 2019, oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Sungai Salak yang terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat Gigi, Tenaga Gizi, Bidan, Perawat dan Bidan Pustu, mengingat semua Sekolah baru melaksanakan penerimaan Murid / Siswa baru mulai dari TK, SD, SMP/MTS dan SMA/MA/SMK.

drg. Silfina rice sebagai Penanggung Jawab Kegiatan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah mengatakan ” penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD, kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA yang meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan laboratorium untuk anemia dan kecacingan, dan pengukuran kebugaran jasmani.

Selain itu pada peserta didik di tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA juga dilakukan skrining melalui kuisioner mengenai keadaan kesehatan umum, kesehatan mental remaja, intelegensia dan reproduksi melalui self assessment serta bahan edukasi / konseling”.

Semoga dengan adanya penjaringan kesehatan ini bisa meningkatkan derajat kesehatan Siswa dan Siswi secara optimal dalam mendukung proses belajar. *adv)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER