Kanal

Hingga Saat Ini Inhu Masih 'Dikepung' Asap, Anak Sekolah Belum Kunjung Diliburkan

INHILKLIK.COM, RENGAT - Sejak dua hari terkhir Kabupaten Inhu Provinsi Riau hingga saat ini masih terus di dikepung asap, akibat sejumlah titik api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dibeberapa daerah.

Pantauan bertuahpos.com dampak asap ini kian hari makin tebal, tidak hanya mengurangi jarak pandang pengendara namun bau yang menyengat serta gumpalan asap sudah mulai mengganggu kesehatan warga.

Seperti yang dikatakan salah seorang warga kecamatan Rengat, Putut Wijanarko ia mengatakan bahwa sejak dua hari dilanda asap ini yang terparah menurutnya.

"Dari dua hari kebelakang ini yang terparah, takutnya akan menyerang kesehatan warga terutama kepada anak-anak," ujar Putut, Jum'at 16 Agustus 2019.

Senada dengan hal tersebut Atan salah seorang warga Pematang Reba menyampaikan bahwa asap kali ini merupakan yang terparah, ia berharap agar anak sekolah dapat diliburkan, agar dapat beristirahat dirumah.


 
"Ini masalah kesehatan, jadi saya berharap agar pemerintah segera meliburkan siswa-siswi sekolah, lihat di Pekanbaru kini anak sekolah sudah mulai diliburkan," katanya.

Kini Kabupaten Inhu sejak pagi tadi mendadak berubah  dikepung oleh asap Karhutla serta bau menyengat, bahkan nyaris matahari seolah tidak tampak karena tertutup oleh kabut asap tebal.

Terpisah saat dikonfirmasi Kadis Kesehatan Ellis Julinarti, mengatakan terkait Inhu yang tengah dilanda asap terkait apakah asap tersebut dapat dikategorikan baik atau buruk. "Hingga saat ini kita belum memiliki alat untuk mengukur ISPU (indeks satuan pencemaran udara )kita tdk punya alatnya," katanya.

Kendati demikian pihaknya melalui seluruh Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Inhu sudah mensiagakan petugas kesehatan dalam 24 Jam nonstop serta membagi-bagikan masker.

"Kita juga Dinkes sudah berkoordinasi dgn pusat krisis kesehatan dinas kesehatan provinsi  Riau serta BTKLPP Batam terkait hal tersebut," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Inhu, Kamaruzaman saat dikonfirmasi terkait apakah anak sekolah akan diliburkan terkait kini Inhu sudah dikepung asap, bertuahpos.com belum mendapatkan jawaban.

Data yang berhasil dihimpun tim bertuahpos.com untuk di Inhu sendiri ada beberapa titik api diantara nya di Kecamatan Batang Gansal, Pranap, dan Kuala Cenaku.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER