Kanal

Bawa Buku Puisi saat Diserang, Ini Foto Barang-Barang Jenderal Qassem Soleimani di TKP

INHILKLIK.COM, IRAN - Amerika Serikat mengenal Jenderal Iran, Qassem Soleimani sebagai komandan militer bertangan dingin. Namun, hatinya bisa dilihat dari buku puisi yang ditemukan di dekat jasadnya.

Pasukan operasi khusus AS menemukan buku puisi di dekat jasad Soleimani yang terbakar. Mereka mengambil gambar barang-barang itu dari dekat sebagai barang bukti.

Sebelum diserang drone Reaper, rombongan Soleimani sudah dibuntuti sejak keluar dari Bandara Bahgdad. Pasukan khusus AS menjaga jarak sekitar setengah mil agar tidak mencurigakan.

Setelah drone Reaper menghancurkan iring-iringan mobil yang ditumpangi Soleimani, barulah pasukan khusus itu mendekat. Tugasnya memotret dan memastikan Soleimani tewas.

Seorang sumber kepada Fox News mengatakan, pasukan AS sempat menyeret tubuh Soleimani menjauh dari tempat kejadian. Mereka memadamkan api yang membakar tubuhnya sebelum secara resmi mengidentifikasi jenderal Iran itu.

Mereka juga mengambil foto barang-barang yang dibawa Soleimani. Selain buku-buku puisi, juga ada setumpuk uang dalam dompet. Dia juga membawa pistol dan senapan serbu.

Seorang sumber yang bertugas di Irak sempat melihat foto-foto itu. Dia mengatakan, Soleimani meninggal dengan cara yang sama seperti orang Amerika yang ia bunuh.

Pembunuhan Soleimani ternyata melalui perencanaan yang matang. Selain diserang lewat drone Reaper, dia juga dibuntuti tentara AS. Pasukan khusus membuntuti rombongan dari jarak setengah mil di belakangnya.

Pasukan operasi khusus AS tersebut bertugas memastikan Qassem Soleimani tewas atau tidak. Setelah serangan tersebut, mereka langsung mendekat ke lokasi. Soleimani tewas bersama sembilan anggota rombongan.

Mereka berada di tempat kejadian dalam satu atau dua menit. Mereka mengambil gambar situasi secara cepat. Mereka mengonfirmasi bahwa drone telah memilih mobil yang tepat.

Dalam foto-foto yang diambil pasukan khusus tersebut, ada tampilan close-up tubuh Soleimani. Terlihat cacat parah. Anggota tubuhnya hancur. Foto lain menunjukkan tubuh Soleimani terbakar di sebelah mobil yang dia tumpangi.

Pasukan operasi khusus AS itu juga sempat menyeret tubuh Soleimani menjauh dari tempat kejadian. Mereka memadamkan api sebelum secara resmi mengidentifikasi jenderal Iran. 

Mereka juga mengambil foto barang-barang Soleimani yang ditemukan di TKP. Termasuk buku-buku puisi dan setumpuk uang. Dia juga membawa pistol dan senapan serbu.

"Jika Anda melihat seorang veteran yang terluka kehilangan anggota tubuh atau cacat parah, kemungkinan besar mereka terluka oleh IED yang dirancang dan digunakan di bawah arahan Soleimani," ujar senator Mike Lee, R-Utah seperti dikutip dari Fox News.

Pada April 2019, Departemen Luar Negeri mengumumkan bahwa Iran bertanggung jawab atas pembunuhan 608 tentara AS selama Perang Irak. Soleimani bertanggung jawab atas 17 persen dari semua kematian personel AS di Irak antara tahun 2003 dan 2011.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER