Kanal

Ketua DPRD Sergai Minta Dinkes Tetap Pantau Soal Virus Corona

INHILKLIK.COM, SERGAI,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sergai dalam mensosialisasikan ke masyarakat terkait kewaspadaan dini guna mengantisipasi virus corona.


Hal itu ditegaskan Ketua DPRD Sergai, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE kepada wartawan, Rabu (29/1) pagi melalui telepon seluler.


"Oleh karena itu, saya minta Dinas Kesehatan Sergai tetap pantau terkait antisipasi penularan virus corona ke masyarakat,"tegas Riski Ramadhan.


Dijelaskan Riski Ramadhan, diketahui bahwa coronavirus sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus corona menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

Virus corona mengakibatkan 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali pada 2012 di Arab Saudi. Sebelumnya pada 2003, corona virus menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019-nCoV di China. Pada akhir Januari 2020, ada sekitar 300 kasus yang teridentifikasi di China. Tiap negara telah menyiapkan upaya pencegahan dan pengamanan, namun virus corona tetap mampu menyebar ke seluruh dunia.


Penyebaran virus corona disebutkan, Infeksi virus corona kini semakin menyebar hingga ke 13 negara di dunia. Negara tersebut adalah China, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam, pungkas Riski.


Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai telah cepat tanggap terkait virus corona dengan langkah -langkah yang telah dilakukan diantaranya                 membuat surat edaran antisipasi kewaspadaan dini ke seluruh Puskesmas, Rumah Sakit, di Wilayah Kerja Kabupaten Serdang Bedagai.

Kemudian menginstruksikan seluruh Puskesmas membuat pengobatan ke Desa- desa untuk menjaring pasien dengan indikasi demam dan membentuk tim gerak cepat kejadian luar biasa nerpotensi KLB.

Dinas Kesehatan juga melakukan peningkatan informasi dan edukasi kepada masyarakat melalui Media Cetak, Media Massa dan Radio tentang Virus Corona. 


Dinkes juga menghimbau, apabila ada kasus dijumpai segeralah melaporkan kasus tersebut ke Dinas Kesehatan Serdang Bedagai ke Bidang P2P (Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular) dengan kontak person, 081269632411 / 085276160011 dan melalui Email : poskoklb@yahoo.com.


(SA/*)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER