Kanal

Listrik di 5 Desa Diresmikan, Bupati Inhil Ucap Syukur

TEMBILAHAN - Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi melakukan Peresmian 7 Desa Belistrik melalui Video Conference (Vidcon) bersama Pemerintah Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau, Sabtu (23/5/2020).

Dari 7 Desa tersebut, 5 di antaranya adalah Desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP mengucapkan syukur atas peresmian ini.

Dirinya mengakui, berdasarkan perkembangan listrik di Provinsi Riau, Kabupaten Inhil berada di posisi bawah dalam hal kelistrikan di Provinsi Riau ini.

"Rata-rata listrik di Provinsi Riau mencapai 98 persen, tapi di Kabupaten Indragiri Hilir baru 92 persen untuk rasio desa belistrik," kata Bupati.

Disebutkannya dari 1.853 desa yang ada di Provinsi Riau, sebanyak 1.833 sudah teraliri listrik. Menyisakan 20 desa yang belum dialiri listrik, di mana untuk Kabupaten Inhil ada 14 desa.

"Kita berharap target untuk menyelesaikan kelistrikan di tahun 2020 ini mudah-mudahan dapat terwujud. Khusus spesifikasi wilayah di Kabupaten Indragiri Hilir ini memang agak berbeda dengan Kabupaten/ Kota lain yang ada di Provinsi Riau, di mana Indragiri Hilir terdiri dari daerah aliran sungai, kemudian pulau-pulau," terangnya.

Saat ini, imbuhnya, Peka Inhil memfokuskan pembangunan di tingkat desa. Namun dalam satu desa pula terbagi atas beberapa dusun yang kondisinya terpencar-pencar, sehingga hal ini menjadi kendala dalam pemerataan listrik.

"Kami berharap setelah selesainya program listrik masuk desa di Provinsi Riau akan berlanjut kepada dusun, kalau di Indragiri Hilir istilahnya parit-parit. Kadang-kadang dari 1 dusun ke dusun lain bisa 5 sampai 6 kilo jaraknya, malah ada yang sampai puluhan kilo. Tapi kami percaya dengan kebersamaan, kita dapat mewujudkan apa yang dicintai-citakan di mana suasana kota ada di pedesaan, yaitu desa yang terang benderang dan masyarakat bisa menikmati," urai Bupati.

Pada Vidcon tersebut, Bupati didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Inhil, Kepala Bappeda Inhil, Kabag Ekonomi dan SDM Setda Kabupaten Inhil, Pimpinan PLN Cabang Rengat, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER