Kanal

Bertahun-tahun Tak 'Dilirik', Masyarakat Minta Pustu Sukajadi Diperbaiki

INHILKLIK.COM, SERGAI - Masyarakat Dusun 3, Desa Sukajadi Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai hingga sekarang sangat sulit mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang maksimal. 

Pasalnya, Fasilitas Kesehatan (Faskes) Puskesmas Pembantu (Pustu) bagi masyarakat yang terletak di Dusun 3  tersebut, tampak terbengkalai dan butuh perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sergai melalui Dinas Kesehatan. 

Menurut warga setempat, Pustu itu sudah hampir 6 tahun tak dapat lagi digunakan karena kondisi yang sangat memprihatinkan. Sehingga, bila masyarakat disekitarnya  melakukan cek kesehatan terpaksa harus mendatangi rumah kontrakan bidan desa Salmiati Br Sitompul.

Demikian diungkapkan Nenek Tamira (68) warga Dusun III Desa Suka Jadi kepada wartawan Kamis (16/7) mengatakan, puskesmas itu sudah lama terbengkalai diperkirakan sekitar 6 tahun, jadi kami masyarakat sekitar bila ingin berobat dan cek kesehatan harus datang kerumah kontrakan Bidan Desa.

"Kami warga setempat selama ini sulit untuk berobat semenjak Pustu ini rusak dan tak berfungsi lagi. Jadi, kalau warga mau berobat ya terpaksa datang ke rumah kontrakan Bu bidan itu,"katanya.

Itupun sambungnya lagi, kalau pas ibu bidan itu belum berangkat ke Puskesmas Tanjung Beringin kalau sudah pergi kami pun bingung karena jarak tempuh dari dusun kami menuju Puskesmas induk tersebut sangat jauh,"bilangnya. 

Ditambahkan Ramlah (43) warga yang sama juga, kami sangat jauh bila harus berobat ke Puskesmas Tanjung Beringin yang terletak di kecamatan. Jadi kami warga dusun 3 desa Sukajadi berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sergai khususnya Dinas Kesehatan untuk segera melakukan perbaikan gedung Pustu tersebut.

"Kami mendengar kabarnya mau diperbaiki Tahun ini 2020, tapi sudah bertahun tahun belum juga dan masih seperti itu juga dipenuhi rumput dan bangunan semakin hancur,"cetusnya.

Sementara itu,  Ketua BPD Aripin, S.Pd kepada wartawanmengatakan, sangat menyangkan atas kurangnya perhatian Pemkab Sergai yang terlalu lama memproses pembangunan Pustu dusun 3 Desa Sukajadi. Karena,pasilitas dan pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat.

"Kita ketahui pembangunan direncanakan pada tahun 2020 namun hingga sekarang belum ada kejelasannya. Kita berharap Pustu tersebut segera di bangun agar kesehatan masyarakat terlayani dengan maksimal,"ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas UPT Tanjung Beringin Drg. Cut Elna M saat dikonfirmasi awak media melalui via pesan WhatsApp dan telpon selulernya tidak menjawab. 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER