Kanal

Angka Perceraian Naik, BKKBN Minta Jomblo Jangan Pacaran dengan Orang Toxic

INHILKLIK.COM - Menikah, punya aanak dan hidup bahagia bersama merupakan impian semua orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mempertahankan pernikahan, hal itu dapat dilihat dari data angka perceraian yang masih tinggi di Indonesia.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dokter Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengatakan, terdapat 97.615 kasus perceraian akibat rumah tangga yang tidak harmonis, 74.559 akibat faktor ekonomi, 9.338 akibat kecemburuan, 81.266 kasus tidak bertanggung jawab, serta 25.310 akibat pihak ketiga.

 "Sekitar 70% perempuan mengajukan perceraian. Dan grafiknya terus bertumbuh hingga 2018," ujar Kepala BKKBN pada Seminar Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia pada Kamis (18/3/2021).

Karenanya, Kepala BKKBN pun mengingatkan para muda-mudi (jomblo) agar berhati-hati dalam memilih teman (pacar) atau calon jodoh. Umumnya, kehidupan asmara menjadi tidak harmonis jika Anda berhubungan dengan orang yang toxic atau beracun.

"Dari teman toxic, kemudian berlanjut ke pacaran toxic, sampai ke pernikahan toxic, inilah yang berbahaya," ujarnya.

Kepala BKKBN pun memberikan ciri-ciri toxic people alias orang yang beracun. Umumnya, mereka sering melakukan ghosting (orang yang menghilang secara tiba-tiba tanpa penjelasan), selalu mengkritik, menghasut, serta tidak bisa berempati.

Selanjutnya, Kepala BKKBN pun membeberkan 6 tipe toxic people yang harus dihindari. Yang pertama adalah The Narcissist, yakni mereka yang hanya peduli dengan dirinya sendiri. Orang dengan tipe ini biasanya memiliki tipe empati yang rendah, serta merasa dirinya lebih baik dari orang disekitarnya.

Kemudian adalah The Controller. Disini, mereka akan berusaha mengendalikan apapun di sekitarnya, termasuk Anda. Mereka selalu ingin mengambil keputusan dan membuat diri Anda merasa seperti tidak bisa melakukan apapun dengan benar.

Yang ketiga adalah tipe The Drama Magnet. Ini merupakan sumber gosip dan drama. Ratu drama atau drama king juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman, sehingga mempertahankan hubungan pun akan terasa sulit.

Keempat adalah The Energy Vampire. Mereka akan menguras energi Anda, membuat Anda kewalahan, membuat masalah dari hal-hal negatif, serta mengkritik atau bahkan membully Anda.

Selanjutnya yakni The Compulsive Liar. Ini merupakan tipe orang yang sering berbohong, memanipulasi Anda, bahkan berniat untuk merusak Anda. Terakhir, tipe orang beracun ini berjuluk The Green Eyed, ini adalah tipe orang yang selalu iri akan kesuksesan dan kebahagiaan orang lain.

Mereka selalu melakukan play victim yang merasa dirinya sebagai korban. Orang seperti ini akan membuat Anda selalu merasa bersalah, bahkan bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. (*)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER