Kanal

Kemenag Sergai Resmikan Desa Sadar Kerukunan ke-13 di Pekan Sialang Buah

INHILKLIK.COM, SERGAI- Kantor Kemenag Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), meresmikan Desa Sadar Kerukunan ke-13 di Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (30/03) bertempat di BW Cafe Pekan Sialang Buah.


Turut hadir Kepala Kantor Kementrian Agama Sergai,H Zulkifli Sitorus MA, Kasubag TU Kemenag Yusuf Barus, Kepala KUA Teluk Mengkudu, Muhammad Leno S,Ag, Kapolsek Teluk Mengkudu AKP Jason Sagala, Camat Teluk Mengkudu Romian P. Siagian M.Si, 
Danramil Teluk Mengkudu, 
Kapten Inf. H.S Sihombing. Kades Pekan Sialang Buah , Syahrial, seluruh Kades dan Kadus se kecamatan Teluk Mengkudu, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kata sambutannya Kepala Desa Pekan Sialang Buah Syahrial yang sehari-harinya lebih akrab disapa Popay ini mengajak masyarakat sadar akan kerukunan antar umat beragama dan setelah diresmikan ini agar kiranya menjalin silaturahmi yang erat lagi antar umat beragama di Kecamatan Teluk Mengkudu  karena di mata tuhan kita semua sama.

"Dengan dilaksanakan Program Desa Sadar Kerukunan, kita berharap di Desa Pekan Sialang Buah tidak ada lagi kericuhan hingga tindakan anarkis antara umat beragama khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai ini," ungkap Kades Syahrial.

Dan terkait giat kerukunan lintas agama dan lapisan masyarakat, hal senada juga disampaikan kepala Kantor Urusan Agama (KUA ) Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai, Muhammad
Leno S,Ag mengatakan, bahwa kita sesama makhluk ciptaan tuhan, kita sama di hadapan Tuhan, untuk itu kita harus saling menjaga satu sama lainnya.

"kita berharap agar menjaga kerukunan suku dan agama yang selama ini sudah terjalin kondusif khususnya di Desa Pekan Sialang Buah ini,"ujar Muhammad Leno.
 
Sementara Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Sergai H Zulkifli Sitorus MA, dalam arahannya mengatakan
kita adalah sahabat seperti kata Pak Kades bahwasanya kita diciptakan saling melengkapi kita tidak bisa berdiri sendiri dan untuk mencapai kemerdekaan kita harus bersama-sama tetapi kita akan merdeka kalau kita secara bersama-sama. 

Selanjutnya Zulkifli juga mengimbau kepada seluruh masyarakat tokoh agama antar umat suku dan ras untuk bergandengan tangan mendukung Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Presiden Jokowi juga telah menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama menjadi skala prioritas,"katanya.

Pada kesempatan itu, Kades Desa Sialang Buah Rosmawati Panjaitan menanggapi terkait Desa Sadar Kerukunan mengatakan apresiasi kepada Desa Pekan Sialang Buah yang telah ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan umat beragama.

"Sebenarnya saya sudah mencanangkan program ini dan ingin mengadakan kegiatan di Desa Sialang Buah yang rencananya tahun depan rupanya Desa Pekan Sialang Buah yang duluan,"ujarnya dan tampak sekali lagi ibu Kades cantik ini megatakan selamat untuk Desa Pekan Sialang Buah.

Mengenai penistaan agama yang beberapa waktu yang lalu terjadi di Kecamatan Teluk mengkudu khususnya Desa Sialang Buah, Rosmawati juga mengatakan "ini warga saya dan kasusnya telah di selesaikan secara hukum oleh Polres Sergai dan sudah kondusif,"tutupnya.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER