Kanal

DPD KNTI Sergai Peringati Hari Nusantara, Ini Tuntutan Kepada Pemerintah Daerah

INHILKLIK.COM, SERGAI - DPD Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memperingati Hari Nusantara 13 Desember 2021.

Kegiatan ini bersama nelayan 4 Kecamatan pesisir Serdang Bedagai.

Peringatan Hari Nusantara di isi dengan kegiatan parade perahu nelayan yang berkonvoi menyelusuri area sekitar muara Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin.

Di samping itu peringatan Hari Nusantara diteruskan dengan penyampaian orasi kenelayanan di Dermaga Syahbandar oleh Zulham Hasibuan selaku Ketua DPD KNTI Kabupaten Serdang Bedagai. 

Sebelumnya dibuka kata sambutan oleh Asisten II Setdakab Serdang Bedagai dan dihadiri Forkompincam Tanjung Beringin, serta pihak Satpol Air Polres Serdang Bedagai.

Dalam orasinya Ketua DPD KNTI Serdang Bedagai, Zulham Hasibuan menyampaikan tuntutan dan dorongan kepada Pemerintah Kabupaten Sergai untuk dapat membuat Peraturan daerah (Perda) inisiatif perlindungan nelayan tentang zonasi tangkapan nelayan tradisional dan hak-hak nelayan yang telah di usulkan sebelumnya berupa draft Ranperda kepada DPRD Serdang Bedagai oleh DPD KNTI Serdang Bedagai.

"Dalam pengajuan draft Ranperda yang di usulkan mendapat apresiasi dari pimpinan lembaga Rakyat DPRD Kabupaten Serdang Bedagai bapak dr. Riski Ramadhan Hasibuan, bahwa usulan Ranperda pada lembaga dan telah tersampaikan melalui pandangan fraksi di rapat paripurna baru-baru ini yang di pimpinnya,"paparnya, kepada wartawan Minggu (19/12).

Selain itu, kata Zulham, juga KNTI berharap pihak Diskanla Serdang Bedagai untuk mempermudah nelayan pemegang kartu kusuka berasuransi  dalam penerbitan surat rekomondasi guna mendapatkan akses pembelian BBM bersubsidi.

Terakhir pada paparannya, Zulham Hasibuan menutup dengan permohonan permintaan stimulus kartu kusuka berasuransi pada penganggaran tahun 2022.

Acara peringatan hari nusantara dihadiri juga perwakilan 4 Kecamatan Pesisir Sergai di antaranya nelayan Kecamatan Bandar Khalifah, Pantai Cermin, Teluk Mengkudu dan tuan rumah yakni Tanjung Beringin.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER