Kanal

Dua Jenis Asuransi Mobil Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sudahkah Anda tahu jenis asuransi mobil? Hal ini penting diketahui dan wajib dimiliki oleh para penggunanya. Setiap orang pasti tidak menginginkan terjadinya musibah, salah satunya kecelakaan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan terjadi setidaknya satu kali selama penggunaan kendaraan. 

Dengan adanya asuransi, tentu pengeluaran bisa lebih diringankan. Selain itu adanya auransi bisa membantu menghilangkan rasa kekhawatiran kepada pengguna selama berkendara. Tidak hanya itu saja, asuransi mobil mempunyai sejumlah keuntungan lainnya yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Mengenal Jenis Asuransi Mobil
Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi mobil. Anda bisa memilih perusahaan yang terbaik dengan menyediakan fasilitas menarik. Namun, ada baiknya juga mengetahui jenis asuransi yang disediakan. Biasanya terdapat dua jenis asuransi, yakni asuransi TLO dan asuransi All Risk.
1.    Asuransi TLO
Jenis asuransi mobil TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only. Jenis asuransi ini memberikan perlindungan kepada mobil terhadap risiko kehilangan. Dengan kata lain, asuransi TLO menjamin risiko akibat terjadinya pencurian dan kerusakan. Namun, dengan catatan biaya perbaikannya diperkirakan sama atau melebihi dari 75% dari harga kendaraan sebelum kerugian.

Saat terjadi pencurian atau kehilangan mobil, maka hal ini disebut sebagai kerusakan total. Alhasil, jenis asuransi TLO akan menanggung kerugian atas kehilangan mobil tersebut. Selain itu, perlu diketahui jika asuransi TLO tidak memberikan pertanggungan jika mobil mengalami kerusakan minor kurang dari 75%. Contoh lainnya yang tidak mendapatkan ganti rugi adalah bumper mobil penyok atau pencurian kaca spion.

Kelebihan dari jenis asuransi TLO adalah biaya preminya yang lebih murah secara bulanan. Selain itu, asuransi TLO bisa melakukan perluasan tanggungan. Sementara jika dilihat dari segi kekurangan, asuransi ini tidak bisa diklaim untuk kerusakan kecil. 

Jenis asuransi TLO juga tidak bisa diklaim saat terjadi kecelakaan ringan dan tidak bisa diklaim saat ada pencurian. Sementara saat terjadi kehilangan, uang tidak diganti secara 100%. Oleh karena itu, sebelum mengajukan klaim kenali dulu jenis asuransi yang tersedia atau dibeli.
 

2.    Asuransi Mobil All Risk
Jenis asuransi mobil lainnya yang menarik adalah asuransi mobil all risk. Biasanya jenis asuransi ini banyak digunakan oleh pemilik mobil baru. Jenis asuransi ini akan melindungi mobil secara menyeluruh dengan berbagai macam akibat kerusakan. Misalnya kerusakan minor seperti baret atau lecet, penyok, sampai kerusakan besar seperti tabrakan.

Bahkan, jenis asuransi all risk juga menanggung saat terjadinya pencurian mobil. Namun, dengan catatan semua akibat tersebut sesuai dengan apa yang tertulis di dalam polis. Selain menyediakan perlindungan kepada nasabah, jenis asuransi ini juga bisa melalukan perluasan perlindungan secara menyeluruh. 

Contoh dari perluasan adalah bencana alam. Selain itu, kerusakan mobil yang diakibatkan kerusuhan atau aksi huru hara juga ikut masuk ke dalamnya. Tidak hanya itu saja, pihak ketiga yang menjadi penyebab kecelakaan dan mengakibatkan pengendara lain terluka juga menjadi tanggung jawab asuransi all risk. 

Kelebihan dari jenis asuransi mobil terbaik ini adalah menanggung risiko kerusakan kecil sampai kerusakan yang besar. Tentunya hal ini akan menguntungkan, terutama bagi pembeli mobil secara kredit. Kelebihan lainnya dari asuransi ini adalah menanggung saat terjadinya kehilangan mobil.
Selain itu juga bisa melalukan perluasan tanggungan dan melindungi saat terjadinya kecelakaan. Sementara kekurangan dari jenis asuransi ini adalah biaya premi yang harus dikeluarkan setiap bulannya cukup mahal. Hal ini wajar saja mengingat fasilitas yang disediakan lebih mumpuni dibandingkan jenis asuransi TLO. 

Nah, bagi Anda yang ingin mengajukan klaim asuransi mobil sesuai dengan jenisnya, bisa melalui website Insureka. Insureka menghadirkan pelayanan yang menarik sehingga membuat penggunanya merasa nyaman. Hal inilah yang membuat Insureka sering kali menjadi solusi saat ingin mengajukan klaim. 

Insureka hadir dengan pendaftaran yang cepat. Ditambah lagi proses pengajuannya pun terbilang sangat cepat. Keuntungan lainnya menggunakan Insureka, pengguna bisa mendapatkan diskon sehingga lebih hemat dalam pengeluarannya.
Setelah melihat jenis asuransi mobil di atas, apakah Anda ingin mendaftarkannya? Manakah jenis yang paling menguntungkan? Yuk, jadikan Insureka sebagai solusi saat ingin mengajukan klaim asuransi mobil. 
 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER