Kanal

Mahasiswa Kukerta Unri Praktekkan Pembuatan Ikan Salai kepada Masyarakat Desa Kuala Lemang

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kuala Lemang, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengajak masyarakat desa untuk melihat proses pembuatan ikan salai (asap), beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Kuala Lemang, Kasriman mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Kuala Lemang yang hadir menyaksikan secara langsung proses pembuatan ikan salai (asap)yang dipraktekkan oleh Mahasiswa KKN Unri tahun 2022 di Desa Kuala Lemang.

"Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan lancar. Kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (Unri) tahun 2022 dan berbagai pihak lainnya yang telah ikut berpartisipasi atas terlaksananya acara untuk tujuan bersama ini," ujar Kasriman.

Senada dengan itu, perwakilan Mahasiswa KKN Unri tahun 2022 juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Kuala Lemang yang telah hadir dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan banyak manfaat, rerkhususnya bagi Ibu-ibu PKK dalam pembuatan ikan salai (asap), sehingga dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Danang Wijaya Saputra.

Masyarakat Desa Kuala Lemang sangat mengapresiasi praktek pembuatan ikan salai (asap)yang ditaja oleh Mahasiswa KKN Unri tahun 2022 tersebut.

Untuk diketahui, ikan salai (asap)merupakan ikan yang diawetkan dengan cara pengasapan. Adapun spesies yang biasa diasap, seperti ikan baung, patin, bandeng, tongkol, tenggiri dan ikan gabus.

Ikan salai (asap) ini banyak ditemukan dalam masakan Indonesia, Rusia, Yahudi, Skandinavia, Eropa Timur dan Eropa Tengah. Secara umum, ikan salai (asap) dihasilkan dengan menggunakan asap yang berasal dari pembakaran kayu. Namun, Mahasiswa KKN berinisiatif mengasapi ikan menggunakan bahan tambahan selain kayu, seperti batok kelapa dan sabut kelapa.

Untuk proses pengasapan sendiri merupakan kombinasi antara pemanasan, penggaraman dan ditambah kunyit bubuk sebagai pengganti zat-zat kimia, seperti senyawa aldehida, fenol dan asam organik. Pengasapan ikan dapat memberikan aroma yang khas dan rasa lezat pada daging ikan dan pengasapan ikan ini dapat menjadikan daging ikan awet.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER