Kanal

Edukasi dan Cek Kesehatan menghindari PTM

Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak disebabkan oleh virus, tapi karena perilaku pola hidup seseorang. Penyakit ini tidak boleh dianggap sepele karena menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Data dari World Health Organization (WHO) tahun 2021, sebanyak 71 persen meninggal disebabkan PTM.

Menurut kepala dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rahmi Indrasuri, melalui Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan, Leni Rosita. Menyampaikan, kurang aktivitas fisik, kurang makan buah dan sayur kemudian tidak rajin olahraga, dan tinggi asupan gula garam dan lemak sangat berpengaruh pada kesehatan.

“Mulai sekarang kita lakukan pola hidup sehat, minimal 30 menit sekali olahraga. Kurangi gula dan gorengan, jeroan, istirahat teratur, rutin cek kesehatan. Terutama, umur kita ibu-ibu disini perlu juga menjaga makanan yang kita konsumsi,” ujar Sub kesehatan dan lingkungan, Leni Rosita. Selasa (21/3/2023). 

Ia menambahkan, adapun persoalan utama yakni kurangnya aktivitas fisik setiap hari karena dengan kecanggihan teknologi. Kemudian, kehidupan yang lebih baik di daerah perkotaan ini menyebabkan masyarakat hidup dengan mager atau malas gerak.

 

“Salah satu penyebab utama dari PTM adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. PTM yang masih menjadi momok di Indonesia antara lain seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal dan juga stroke. Pemicu lainnya memakan makanan pencetus penyakit tersebut. Misalnya, diabetes tidak boleh makan gula tapi makan gula berlebih setiap hari,” kata Sub kesehatan dan lingkungan, Leni Rosita.

Terakhir, terimakasih atas kerjasamanya dalam mengedukasikan pentingnya kesehatan baik dari masyarakat dan puskesmas yang berada di perdesaan, kelurahan dan kecamatan. 

"Alhamdulillah, semarak msyarakat sangat antusias dalam cek kesehatan yang ada di puskesmas pengalihan enok, semoga kita semua terhindar dari PTM," Tuturnya Sub kesehatan dan lingkungan, Leni Rosita

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER