Kanal

Dinkes inhil minta Masyarakat untuk Tekan Kasus Tuberkulosis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) minta Masyarakat untuk Tekan Kasus Tuberkulosis upaya menurunkan jumlah kasus Tuberkulosis (TB) membutuhkan peran dari berbagai pihak.

Selaku kepala Dinkes inhil Rahmi Indrasuri, S.Kl, M.Kl, menyampaikan, tidak hanya peran pemerintah pusat saja namun penanganan terhadap jumlah penderita TB di Indonesia yang masih tinggi ini juga membutuhkan dukungan masyarakat untuk mempercepat penurunan jumlah kasus TB.

"Peran dari masyarakat desa penting untuk mencapai target penurunan TB sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Tidak hanya itu,  keterlibatan masyarakat dalam mencegah dan mendeteksi kasus TB juga diperlukan," Ujar Rahmi Indrasuri, S. Kl, M.kl. Saat diwawancarai Awak media saat Scernig TBC WBP Lapas IIA Tembilahan. Selasa (14/3/2023).

Ia berharap, agar petugas yang ada di puskesmas dapat berkunjung dari rumah ke rumah, atau masyarakat  guna menemukan kriteria suspect TB sehingga selanjutnya akan dirujuk ke puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Upaya-upaya tersebut, diharapkan dapat menuntaskan kasus TB sebanyak-banyaknya, untuk kemudian dilakukan pengobatan hingga sembuh," Harapannya Rahmi Indrasuri, S. Kl, M.kl.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER