Kanal

Asa di Penghujung Pelosok, Peluh Polri Upayakan Pemilu Damai 2024

INHILKLIK, - Polsek Sungai Batang, salah satu dari 20 Polsek dalam wilayah hukum Polres Indragiri Hilir yang berada jauh dari pelosok Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir, yakni di Kecamatan Sungai Batang.

Polsek Sungai Batang memiliki wilayah hukum kurang lebih 146 Km persegi berdasarkan luas kecamatan Sungai Batang. Sungai Batang atau biasa disebut masyarakat dengan nama Sei Batang merupakan pemekaran dari kecamatan Reteh.

Dengan luasnya wilayah dan masih minimnya sarana dan prasarana, hal itu tidak menyurutkan semangat jajaran Polsek Sungai Batang yang dikomandoi Iptu Hendri J SH dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Pagi yang cukup cerah, Perwira tinggi dengan sematan balok dua di bahu nya itu bersama para personil Polsek Sungai Batang mulai memacu tunggangannya.

Menyusuri area persawahan warga yang di kiri kanannya masih berupa hutan ulayat yang sebagian masih belum digarap, Iptu Hendri J SH melakukan kegiatan cooling system untuk mewujudkan pemilu damai 2024 atas perintah pimpinan Polri di wilayah binaannya.

Laju motor Kapolsek Sungai Batang berpacu dengan tanah berdebu yang menjadi landasannya untuk menuju desa tujuannya. 
Sesekali gerak langkah sepeda motor Kapolsek beserta jajarannya terhenti karena terperosok ke sawah milik warga.

"Aduuuuhhh," lenguh Heru, Kanit Intel Polsek Sungai Batang yang terperosok jatuh dengan sepeda motornya akibat tergelincir. Sontak hal itu memberhentikan seluruh personil dari perjalanannya dan langsung menolong anggota yang terjatuh.

"Hati hati makanya, perjalanan kita masih jauh," sahut Kapolsek Iptu Hendri J SH dengan wajah tertawa.

Di tengah perjalanan, Iptu Hendri J SH bertemu dengan seorang warga yang kebetulan  selisih jalan dari tujuannya di Desa Mugomulyo, Kecamatan Sungai Batang. "Mau kemana pak?, tanya Sunandar, warga Desa Mugomulyo kepada rombongan Kapolsek Iptu Hendri J SH.

"Mau ke Desa pak, mau menyapa warga di sana dan menyampaikan beberapa himbauan Kamtibmas terkait Pemilu Damai 2024 pak," ujar Iptu Hendri J SH.

"Ooohh, kalau begitu hati hati ya pak, di depan masih jalanan yang kurang bagus dan berdebu, takutnya bapak terperosok kalau terlalu ke pinggir," kata pak Sunandar sembari minta izin untuk berlalu.

Terlihat masyarakat dan Polsek Sungai Batang begitu akur menjalin hubungan komunikasi dan saling memberi perhatian. Hal ini membuktikan Polri selama ini berhasil membuat ruang kedekatan dengan masyarakat sebagai penganyom yang baik dan santun bagi masyarakat Sungai Batang.

"Pengayoman adalah tugas kita, masyarakat adalah hal nomor satu, karena mereka yang membuat tugas kewilayahan kita menjadi mudah. InsyaAllah kalau kita baik dengan masyarakat, maka masyarakat akan mudah memberi dukungan untuk kita," sebut Iptu Hendri J SH kepada para personilnya.

Perjalanan melewati tanah berdebu lumpur itu ternyata memakan waktu lebih kurang 1 jam 30 menit untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Dengan baju dinas yang penuh debu tebal, dan keringat yang sudah kering di badan, akhirnya Kapolsek Iptu Hendri J SH  sampai ke Desa Mugomulyo.

Sesampai di tujuan, Iptu Hendri J SH dan para personil langsung menemui dan bercengkrama dengan masyarakat setempat. Kopi, Teh, dan Sarapan Nasi Daun tak luput sebagai penyambung silaturahmi bersama masyarakat.

Di dalam sahut menyahut cengkrama dan silaturahminya dengan masyarakat itu, Iptu Hendri J SH mengingatkan masyarakat agar secara bersama dan berkesinambungan untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Masyarakat yang hadir berbarengan dengan seruput hangatnya seduhan minum kopi bersama Kapolsek itu turut menyimak perihal pesan yang disampaikan oleh Iptu Hendri J SH.

"Bulan depan akan dilaksanakan Pemilu di tanggal 14 Februari 2024, kita bersama harus sepakat untuk menjaga keamanan dan perdamaian agar pelaksanaan Pemilu tidak rusuh dan berjalan dengan aman," ujar Kapolsek diikuti senyum raut wajahnya meyakinkan keyakinannya kepada masyarakat.

Masyarakat yang mendengar turut tersenyum seolah memberikan isyarat setuju terhadap apa yang sudah disampaikan Kapolsek Iptu Hendri J SH di awal pembicaraan. Masyarakat yang hadir kemudian bertanya tentang apa saja yang harus dilakukan agar komitmen itu berjalan sebagaimana mestinya.

"Izin bertanya bapak Kapolsek, kami harus bagaimana jika nanti ada yang melakukan pelanggaran pada pelaksanaan ini," tanya Sams, Warga Mugomulyo kepada Iptu Hendri J SH, Sabtu 13 Januari 2024.

Ternyata, lemparan pertanyaan tersebut seolah menggambarkan kegundahan yang sedang dialami masyarakat tentang persoalan yang mungkin saja terjadi dalam perjalanan proses tahapan pemilu 2024. Kapolsek Iptu Hendri J SH langsung memberikan beberapa pemahaman penting kepada masyarakat.

"Tentunya, pertama tama jangan langsung percaya begitu saja informasi yang diterima di tengah masyarakat," kata Iptu Hendri J SH kepada masyarakat yang mendengarkan.

Dikatakan Kapolsek, zaman sekarang, informasi yang ada hanya butuh waktu beberapa saat saja untuk sampai kepada masyarakat. Tak jarang, banyak informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Informasi keluar masuk sangat cepat, mulut ke mulut masyarakat informasi bisa sampai, apalagi di zaman sekarang penggunaan internet yang praktis mengakibatkan informasi dapat tersalur dengan cepat. Diharapkan kepada masyarakat agar mencari tahu dulu kebenarannya. Jangan sampai termakan hoaks berita yang salah," ujar Iptu Hendri J SH. 

Tak terasa pembicaraan itu sudah setengah jam berlalu. Kopi dan Teh menjadi pelebur suasana hangatnya percakapan antara masyarakat dan Polsek Sungai Batang.

Lalu yang kedua, sambung pesan Kapolsek, Hoaks dan isu yang mengandung informasi bohong bisa saja disebarkan oleh oknum untuk mempengaruhi masyarakat agar goyah dalam menentukan pilihannya .

"Hal hal semacam ini dinamakan politik campaign atau hoaks. Abaikan saja jika ada informasi buruk yang didengar," ungkap Kapolsek Iptu Hendri J SH.

Iptu Hendri J SH memberikan pesan edukasi yang mendalam kepada masyarakat. Puncak dari pesta demokrasi adalah tentang kedamaian sesuai dengan bunyi Pancasila yang ketiga.

Hal penting lainnya, Kapolsek meminta agar masyarakat jangan mudah terhasut dengan informasi yang tidak bisa diujikan kebenarannya secara valid, harus tetap waspada terhadap informasi yang menjelekkan peserta pemilu satu sama lainnya.

"Kita jangan mau dipecah belah hanya karena informasi yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, kita harus ingat bahwa makna Pancasila ketiga, yakni 'Persatuan Indonesia' itu merupakan hal yang sakral mesti kita pegang teguh, begitu juga dengan makna bhinneka tunggal ika," ujar Kapolsek Iptu Hendri J SH sambil menyeruput kopi hitam di hadapannya yang sudah mulai dingin.

Kapolsek Iptu Hendri J SH menggambarkan betapa pentingnya peran Kepolisian dalam memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, gagasan dan semangat dalam mendedikasikan diri untuk mengabdi kepada atasan dan sepenuhnya kepada negara.

Iptu Hendri J SH juga menuturkan ucapan terimakasih yang besar kepada masyarakat Desa Mugomulyo yang bersedia meluangkan waktunya untuk berkomunikasi dan mendengarkan edukasi Pemilu Damai 2024 dari Kepolisian.

Diakhir penyampaiannya, Kapolsek Sungai Batang Iptu Hendri J SH meminta agar masyarakat selalu berkoordinasi dengan pihak berwajib dan meminta agar masyarakat di Kecamatan Sungai Batang agar sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Lambaian tangan dan "Breeeemmm...." bunyi kuda besi Kapolsek beserta jajaran tanda telah selesai pelaksanaan Cooling System di Desa Mugomulyo, Kecamatan Sungai Batang terkait Pemilu Damai 2024  dan Iptu Hendri J SH kembali melakukan perjalanan pulang ke Mako Polsek Sungai Batang dengan menempuh jalan yang sama yang penuh tanah basah dan berlumpur. *

Penulis : Juni Liadi Putra Pratama (Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hilir) 
Media : INHILKLIK.COM

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER