Kanal

Bawaslu Sergai Berperan Dalam Memastikan Tidak Adanya Pergeseran Suara

SERGAI, INHILKLIK.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menegaskan pentingnya netralitas dalam proses pengawasan rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat Kabupaten.

Hal ini Komisioner Bawaslu Sergai, Bambang Dena Sastra selaku Divisi pencegahan partisipasi dan humas masyarakat ketika diwawancarai wartawan Kamis, (29/2/2024) disela-sela, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 di tingkat Kabupaten oleh KPU Kabupaten Serdang Bedagai, bertempat di Ocean Room, Aula Woong Rame Resort Desa Kotapari Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (29/2) sekira pukul 10.48 WIB.

Lebih lanjut dikatakannya, Bawaslu bertanggung jawab untuk memastikan kesesuaian antara data rekapitulasi Kecamatan dengan data resmi yang disampaikan oleh KPU melalui Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Pilkada (SIREKAP).

"Bawaslu juga berperan dalam memastikan tidak adanya pergeseran suara antara peserta pemilu, termasuk baik dalam partai politik maupun di internal partai itu sendiri," ujarnya.

Bambang juga menjelaskan dalam menjalankan tugasnya Bawaslu juga memberikan rekomendasi dan menanggapi keberatan dari pihak-pihak peserta pemilu.

"Untuk itu kita berharap agar semua partai politik dan peserta pemilu dapat menjalankan mekanisme sesuai dengan aturan yang berlaku, serta bersedia menerima hasil dari proses rekapitulasi Kecamatan hingga tingkat Kabupaten," tutupnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sergai, Ewin Sahputra Saragih mengatakan kami dari Bawaslu menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 ini cukup baik, tidak ada kendala, baik dan kondusif.

"Terima kasih kepada kontestan semua hingga para saksi yang telah bersama-sama mensukseskan pemilu 2024,"katanya.

Lanjut Ewin, kami berharap dalam pelaksanaan ini marilah kita ikuti sama-sama dengan diutamakan kekeluargaan dan kebersamaan.

"Apapun hasilnya mari sama kita terima dengan lapang dada dan jangan ada gesekan-gesekan dalam memecah belah kita,"ujarnya lagi.

Tak lupa, Ketua Bawaslu mengucapkan terima kasih semua pemangku pimpinan (Forkopimda) di Sergai yang telah membantu dan mendukung mensukseskan pemilu 2024.

"Mari kita jaga kedamaian dan kekondusifan Sergai. Jika ada ketidakpuasan agar dimusyawarahkan dengan baik agar menjaga pemilu ini tetap damai untuk menyambut tahapan selanjutnya,"pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri  Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, S.I.K, Kajari Serdang Bedagai Mayhardi Indra Putra, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah Muhammad Sacral Ritonga, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Serdang Bedagai Samsul Bahri, Mewakili Dandim 0204/DS Kapten Inf. J. Girsang, Para Pimpinan Partai Politik Tingkat Serdang Bedagai, Para Anggota PPK se - Serdang Bedagai, Para Saksi Calon Presiden dan Wakil 
Presiden serta Para Saksi Calon Anggota DPD RI.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER