Kanal

Bupati Inhil Dianugrahi Gelar Datuk Mangku Negeri dari Kesultanan Banjar

Bupati Inhil menerima piagam dari Kesultanan Banjar
INHILKLIK.COM, MARTAPURA - Bupati Indragiri Hilir Drs HM Wardan MP mendapatkan gelar kehormatan dari Kesultanan Banjar, Kamis (30/11). Adapun gelar yang diberikan, yakni Datuk Mangku Negeri. Pemberian gelar kehormatan ini diberikan langsung oleh Sultan Banjar Khairul Saleh bertempat di mahligai sultan adap Martaupuran Kalimantan Selatan. Pemberian gelar kehormatan diberikan kepada Bupati Inhil karena jasa prestasi beliau dan membina dan mengembangkan kebudayaan banjar di bumi seribu parit‎. 

Bupati memang sangat memberikan apresiasi terhadap organisasi kesukuan yang ada di Inhil termasuk banjar. 

"Saya tentunya berterimakasih atas gelar kehormatan yang diberikan kesultanan Banjar ini, semoga kedepannya hubungan baik antara Pemkab Inhil dan Pemprov Kalimantan Selatan dapat terus dibina," kata bupati. 

Hubungan baik tidak hanya pada pemberian gelar saja tapi diharapkan dapat berlanjut hingga mencakup hal lain seperti kerjasama dan bidang ekonomi dan pembangunan bahkan investasi. 

"Hubungan baik ini kami inginkan bagaimana kedepannya terjalin kerjasama yang baik pula seperti kerjasama diantara kedua belah pihak dan hal investasi dan bidang ekonomi," ujar bupati. 

Bupati pernah menyebutkan orang banjar memberikan kontribusi yang penting bagi pembangunan di Inhil. Bahkan hampir 60 persen penduduk Inhil adalah suku banjar didampingi suku-suku lainnya. 

Karena hubungan yang baik terus dibina diantara kedua belah pihak sempat beberapa kali pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan datang dan menghadiri sebuah acara di Kabupaten Inhil. 

‎Sementara itu Sultan Banjar Khairul Saleh pada saat penobatan gelar mengatakan,  pemberian gelar ini sengaja dilakukan pihaknya atas kepedulian bupati terhadap suku banjar yang ada di Inhil. 

"Tidak semua orang yang diberi gelar ini hanya kepada orang-orang tertentu saja," ujar Sultan Khairul Saleh. (adv/humas/utusanriau)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER