Kanal

Bupati Inhil Tutup TMMD Imbangan 93

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Inhil, HM Wardan MP secara resmi menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan 93 tahun 2014, Senin 913/10/2014). Penutupan dilaksanakan di lapangan Bola Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning.

Turut hadir Sekda, Camat Kemuning, Dandim 0314 Inhil serta jajaran dan pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil. TMMD Imbangan 93 dilaksanakan oleh Kodim 0314 Inhil selama 20 hari mulai tanggal 5 Agustus – 15 September 2014 di Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning. Ada tujuh titik sasaran yang melibatkan 70 anggota TNI dan dibantu 50 warga setempat.  

Dalam kata sambutannya, Wardan mengatajan kegiatan ini merupakan bukti bahwa TNI sangat peduli dengan kepentingan masyarakat. "Ini bukti komitmen TNI yang selalu bersama masyarakat dalam membangun negeri yang sama-sama kita cintai," ungkap Wardan.

Berbagai kegiatan nyata telah dilakukan oleh TNI di Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning ini, seperti pembuatan MCK dan tempat parkir Masjid Baiturrahman, pembangunan kantor Babinsa, pembuatan Box Culvert, Penimbunan Jalan dengan Sirtu, Pembangunan Jembatan Beton, serta berbagai kegiatan non fisik dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan.

Bupati menambahkan berbagai kegiatan tersebut telah dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya masyarakat yang berada di Desa Kemuning Muda. "Kegiatan ini menunjukkan bahwa peran TNI tidak hanya sebagai ujung tombak dalam menjaga dan mempertahankan keamanan negara demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tetapi TNI juga terjun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan positif yang bersifat sosial, serta peduli terhadap kelestarian lingkungan," kata Wardan.

Dalam hal ini menurut Wardan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tentu saja sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena Program terpadu yang dilaksanakan secara sinergis oleh beberapa pihak akan lebih mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan.

 title of the image
TMMD merupakan wujud nyata partisipasi TNI bersama masyarakat dalam pembangunan daerah. Sekaligus membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.

"Dalam pelaksanaan TMMD ini dapat kita rasakan bersama bahwa TNI dan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir, turut membantu mempercepat pembangunan di Kabupaten Indragiri Hilir. Hal ini tentu saja berkat kerja sama dan kerja keras kita semua, karena keberhasilan program ini tidak akan mungkin dapat tercapai tanpa adanya kerjasama dan dukungan dari segenap komponen masyarakat," kata Wardan mengingatkan.

Namun Wardan berpesan, setelah selesainya kegiatan TMMD ini bukan berarti tugas dalam membangun daerah telah selesai. Karena tantangan kedepan akan lebih berat dan lebih kompleks lagi yang akan kita hadapi.

Bupati berharap semoga TMMD ini mampu menyentuh dan memberikan kesadaran kepada masyarakat agar kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat terus dipertahankan dan berkembang secara mandiri oleh masyarakat setempat, tanpa menunggu kegiatan-kegiatan tersebut masuk ke daerah mereka kembali.

Di samping itu, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk semakin mempererat rasa kekeluargaan di antara masyarakat dan TNI. Dengan begitu, akan terjalin rasa saling respek dan saling membutuhkan di antara TNI dan masyarakat.

"Terimakasi tak terhingga kepada Danrem 031/Wirabima dan jajarannya, Dandim 0314/Indragiri Hilir beserta jajaran, pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kemuning, serta semua pihak yang telah ikut mensukseskan pelaksanaan TMMD ini," tutur Wardan. (adv/humas/lis/utusanriau)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER