Kanal

Lagi, Dua Satelit NASA Meluncur Tanpa Izin Manusia

Ilustrasi peluncuran satelit mini NASA. © Gizmodo
INHILKLIK.COM - Insiden yang baru-baru ini terjadi stasiun luar angkasa ISS, sempat membuat NASA sebagai salah satu pengelolanya kebingungan. Pasalnya, sudah dua kali satelit mini miliknya meluncur tanpa izin dari ISS.

Tanpa alasan yang jelas, stasiun luar ISS meluncurkan dua buah satelit mikro 'Cubesat' ke luar angkasa, pihak astronot dan peneliti NASA yang berada di bumi pun sudah mengonfirmasi tidak memberikan instruksi untuk peluncuran.

Menurut Gizmodo (06/09), kisah tersebut bermula ketika komandan ISS tengah memasukkan sampel darah untuk cek kesehatan pada freezer. Saat itu, dia menyadari bila pintu dari 'meriam' pelontar Cubesat terbuka. Tak pelak, pimpinan ISS yang bernama Steve Swanson tersebut langsung menghubungi pusat kontrol ISS di Houston, Amerika Serikat.

Satelit Cubesat yang dibuat oleh Planet Labs sendiri digunakan untuk mengambil gambar bumi secara real-time untuk ditampilkan di internet. NASA telah membuat rencana untuk meluncurkan sekitar 100 Cubesat ke orbit bumi secara berkala dalam beberapa bulan ke depan.

Insiden peluncuran yang tidak diharapkan tersebut juga pernah terjadi sebelumnya, tanggal 23 Agustus kemarin. Jumlahnya pun sama, dua buah. Alhasil, kini terdapat 12 satelit Cubesat atau di orbit bumi.

Para insinyur NASA sampi saat ini pun masih belum bisa mengungkap rahasia di balik peluncuran sendiri satelit-satelit Cubesat oleh ISS. Terdapat kemungkinan kejadian misterius ini disebabkan kerusakan robot tangan yang mengamankan pintu pelontar satelit Cubesat.

Insiden ini cukup untuk membuat NASA berpikir untuk segera meluncurkan sisa satelit Cubesat lebih cepat dari target awal. Namun bisa jadi NASA keburu kehabisan satelit Cubesat bila peluncuran tanpa izin. (Merdeka)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER