Kanal

Waduh, Melemahnya Harga CPO Malaysia Berimbas ke Riau

Waduh, Melemahnya Harga CPO Malaysia Berimbas ke RiauINHILKLIK.COM, Pekanbaru - Pekan pertama Agustus, usai lebaran Idul Fitri 1435 H, harga Tandan Buah Segar (TBS) kembali melemah dari pekan sebelumnya. Pekan ini, harga TBS 1.768,79 per Kg, turun dari sebelumnya 1.813, 34 per Kg.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H. Zulher MS, Selasa (05/08/2014) menyebutkan penurunan harga TBS ini imbas dari pelemahan nilai jual CPO. Pasalnya, harga CPO berjangka Bursa Malaysia untuk kontrak hingga Oktober 2014 turun hingga 0,92% ke tingkat harga 2263 RM/ton atau melemah 21 RM/ton.

Pelemahan nilai jual CPO Malaysia dilandasi oleh rilis data ekspor minyak sawit Malaysia yang turun di akhir juli 2014. Berdasarkan data Intertek Testing Services, ekspor CPO Malaysia turun hingga 2,8 persen ke level 1,35 juta ton sepanjang Juli lalu.

"Jadi, penurunan ekspor malaysia itu berimbas kepada nilai jual CPO Indonesia"ujar Zulher.

Namun Zulher yakin penurunan ini merupakan dampak dari perdagangan global.  "Perdagangan CPO itu sangat Liquid (cair), jadi bisa berubah tergantung kepada issue pada saat tertentu. Namun setiap penurunan/kenaikan tidak pernah signifikan dan cenderung stabil"sambung Zulher optimis.(syawal/bertuahpos)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER