Kanal

Hasil Survei: Prabowo Tegas, Jokowi Merakyat

Jokowi-Prabowo/Okezone
INHILKLIK.COM, Jakarta – Populi Center (Public Opinion and Policy Research) melakukan survei terhadap dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung yakni pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Selain elektabilitas, mereka juga menyurvei pemilih berdasarkan karakter figur.  

Pada tingkat ketegasan, Prabowo lebih mendominasi dengan raihan 53,1 persen dibandingkan Jokowi yang hanya mendapat 1,7 persen. Tidak hanya itu, untuk faktor kewibawaan dan sifat bijaksana, Prabowo juga masih unggul dengan raihan 16,8 persen dibanding Jokowi yang hanya memperoleh 3,7 persen.

Survei tersebut turut merilis bahwa figur Prabowo lebih mempunyai pengalaman di pemerintah dengan jumlah 7,3 persen, sedangkan Jokowi hanya 6,3 persen.

Sementara untuk Jokowi, masyarakat lebih mengenal mantan Wali Kota Solo itu dengan sosok merakyatnya. Pada sifat sederhananya ini, dia mendapat raihan angka 62,6 persen mengalahkan Prabowo yang hanya mendapat 4,1 persen.

Ketua Populi Center Nico Harjanto mengatakan, survei tersebut melibatkan 1.500 Responden di 33 provinsi dengan dipilih secara multistage random sampling dengan metode wawancara tatap muka. Servei ini lakukan pada 24 hingga 29 Mei 2014.

"Margin of error ±2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, untuk proposi gender ditentukan 50:50, dan besaran sampel tiap provinsi dialokasi sesuai dengan proposi, populasi dari data sensus BPS dengan mempertimbangkan karakteristik," ungkapnya.

Sementara untuk elektibitas, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla berhasil unggul tipis dari Prabowo-Hatta dengan selisih 6,9 persen. Jokowi-JK mendapatkan 42,4 persen, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 35,5 persen. “Sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 21,6 persen,” tegas Nico | okezone
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER